Polisi Akan Amankan Wihara dan Tempat Ibadah Lain Saat Imlek

Jumat, 16 Februari 2018 | 08:17 WIB

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto saat ditemui di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Selasa (30/1/2018).KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto saat ditemui di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Selasa (30/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Polri meningkatkan pengamanan di tempat ibadah selama perayaan Imlek yang jatuh pada Jumat (16/2/2018) ini. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meminta jajaran di bawahnya untuk mengantisipasi kerawanan keamanan di sekitar wihara atau klenteng.

"Sudah ada perintah Kapolri (Tito Karnavian) untuk para kapolda, kapolres, untuk meningkatkan pengamanan di tempat ibadah," ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (15/2/2018) malam.

Petugas pengamanan dikerahkan sejak Kamis malam. Tak hanya Wihara, Polri juga mengamankan tempat ibadah agama lainnya.

"Tak hanya di wihara tapi di berbagai tempat ibadah lain kami lakukan pengamanan," kata Setyo.

Baca juga : Ini Rangkaian Acara Seru di Ancol Saat Libur Imlek

Sebelumnya Tito Karnavian meminta jajaran di bawahnya untuk melihat peta kerawanan di wilayah masing-masing. Kerawanan bisa terjadi di tempat beribadah dan tempat keramaian yang menjadi pusat kegiatan Imlek.

Tito juga meminta bawahannya membuat rencana pengamanan masing-masing disesuaikan dengan kondisi wilayahnya.

"Semua polres, polda sudah memiliki rencana masing-masing yang tidak sama, tapi mereka tahu berdasarkan pengalaman tahun-tahun kemarin," kata Tito.


Penulis : Ambaranie Nadia Kemala Movanita
Editor : Egidius Patnistik