Air Katulampa Tiba Semalam, Pagi Ini Pintu Air Manggarai Siaga II

Selasa, 6 Februari 2018 | 08:25 WIB

Alat berat mengangkut sampah yang menyangkut di Pintu Air Manggarai, Selasa (30/1/2018). KOMPAS.com/JESSI CARINA Alat berat mengangkut sampah yang menyangkut di Pintu Air Manggarai, Selasa (30/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Air kiriman dari Bendung Katulampa telah tiba di Jakarta pada Senin malam. Selasa (6/2/2018) pagi ini, Pintu Air Manggarai naik menjadi siaga 2.

"Manggarai siaga 2. Air dari Katulampa kemarin masih berada di Jakarta," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa pagi. 

Selain pintu air Manggarai, status Kali Karet juga naik menjadi siaga II.

Sutopo mengatakan, dari data yang dimiliki, tercatat ribuan rumah di Kali Ciliwung terendam banjir. Ketinggian air telah mencapai 1,5 meter.

Baca juga : Ciliwung Meluap, Kambing Pun Ikut Mengungsi di Bidara Cina

Sutopo mengatakan, saat ini Pemda DKI belum menetapkan darurat bencana.

"Pengungsi sejak malam tersebar di beberapa tempat. Masih dalam pendataan jumlah pengungsi. Distribusi bantuan terus disalurkan," ujar Sutopo.

Kiriman banjir dari Bendung Katulampa Bogor serta hujan yang terus turun pada Senin kemarin, merendam sejumlah wilayah di Jakarta.

Baca juga : Sungai Ciliwung Meluap, Sejumlah Titik di Bogor Terendam Banjir

Daerah tersebut di antaranya, Cipinang Melayu, Rawajati, Kampung Pulo, dan Pejaten Timur.

Kompas TV Berikut tiga berita terpopuler rangkuman KompasTV 5 Februari 2018.




Penulis : Kontributor Jakarta, David Oliver Purba
Editor : Ana Shofiana Syatiri