Anies Prediksi Kiriman Air dari Katulampa Tiba di Jakarta Pukul 18.00

Senin, 5 Februari 2018 | 16:49 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Pintu Air Manggarai, Senin (5/2/2018). KOMPAS.com/JESSI CARINA Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Pintu Air Manggarai, Senin (5/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Air kiriman Bendung Katulampa akan tiba di Jakarta nanti malam, Senin (5/2/2018). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperkirakan air akan tiba pukul 18.00 WIB.

"Pukul 18.00 WIB magrib sudah sampai," kata Anies saat meninjau Pintu Air Manggarai, Senin (5/2/2018).

Saat ini, air kiriman Bendung Katulampa sudah sampai Pos Depok. Anies menyebut ketinggian air di Pos Depok mencapai 400 cm.

Ketinggian air itu sudah di atas 350 cm, artinya Pos Depok sudah memasuki status siaga 1. Anies meminta semua Satuan Kerja Perangkat Daerah siaga menghadapi air kiriman ini.

Baca juga : Sandiaga Sebut Ketinggian Air di Bedungan Katulampa Sudah Menurun

"Semua koordinasi dalam posisi siap. Siap bukan berarti airnya berkurang, siap berarti kita antisipsi air akan datang," kata Anies.

Ketinggian Pintu Air Manggarai saat ini sudah 780 cm dengan status siaga 3. Statusnya akan berubah menjadi siaga 2 jika ketinggian air mencapai 850 cm dan siaga 1 jika sudah di atas 950 cm.

Baca juga : Anies: Air Kiriman Katulampa Sudah di Depok

Sampah di Pintu Air Manggarai juga sudah diangkat. Anies mengatakan sampah yang diangkut dari Pintu Air Manggarai mencapai 15 truk dengan volume 200 ton.

"Ini peringatan kita, sampah sebagian bukan hanya sampah rumah tangga, tapi juga ketemu kasur, kayu-kayu besar lewat. Ini semua bisa memperburuk bencana karena kayu besar yang lewat bisa membahayakan," kata Anies.

Kompas TV Pada Senin (5/2) pagi, ketinggian air di Bendung Katulampa mencapai 220 sentimeter.




Penulis : Jessi Carina
Editor : Ana Shofiana Syatiri