Jelang Natal dan Tahun Baru, Mendag Jamin Ketersediaan Bahan Pokok

Jumat, 24 November 2017 | 16:34 WIB

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita usai melakukan peninjauan di Pasar Oro-oro Dowo Kota Malang, Jumat (24/11/2017)KOMPAS.com / Andi Hartik Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita usai melakukan peninjauan di Pasar Oro-oro Dowo Kota Malang, Jumat (24/11/2017)

MALANG, KOMPAS.com - Menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin ketersediaan bahan pokok di seluruh daerah di Indonesia.

Dia mengatakan, pihaknya sudah meminta para distributor untuk menyalurkan kebutuhan bahan pokok pada awal Desember ini.

"Sangat stabil, secara keseluruhan. Dan kita sudah minta per tanggal 1 Desember seluruh kebutuhan barang pokok itu sudah harus terdistribusi ke setiap daerah," ucap dia usai melakukan pemantauan di Pasar Oro-oro Dowo, Kota Malang, Jumat (24/11/2017).

Untuk keperluan itu, Enggar mengaku sudah memanggil para distributor dan produsen bahan pokok untuk melakukan pendistribusian lebih awal. Hal itu sebagai antisipasi adanya hambatan distribusi bahan pokok ke setiap daerah.

Baca juga: Mendag: Para Perokok Elektrik Berubahlah Jadi Perokok Biasa

"Kita sudah panggil para distributor, kemudian produsen. Kita mengantisipasi cuaca yang kurang bersahabat untuk transportasinya," katanya.

Pihaknya juga akan melakukan pemantauan lapangan untuk memastikan bahwa ketersediaan bahan pokok stabil.

 

Kompas TV Mendag Antisipasi Kelangkaan Stok Pangan Jelang Lebaran




Penulis : Kontributor Malang, Andi Hartik
Editor : Erlangga Djumena