Team Tiger Amankan 2 Spesialis Copet di Angkot

Kamis, 20 Juli 2017 | 22:37 WIB

Ilustrasi copet.www.dreamstime.com Ilustrasi copet.

JAKARTA, KOMPAS.com- Satuan tugas khusus dari Polres Jakarta Utara, Team Tiger mengamankan dua pencopet yang kerap beraksi di dalam angkutan umum (angkot) di wilayah Jakarta Utara.

Kapolres Jakarta Utara Kombes Dwiyono mengatakan, copet bernama Sofyan (27) dan Sudirman (35) diamankan oleh petugas di pos RW 03 Kelurahan Koja, Jakarta Utara, Kamis (20/7/2017).

Dwiyono mengatakan, dari keterangan warga sekitar, dengan menggunakan sebuah mobil Avanza berwarna silver bernopol B-1742-UYJ, Sofyan dan Sudirman melintasi sebuah gang sempit di kawasan Alur Laut Koja sekitar pukul 18.00 Wib.

Para pelaku membawa mobil dengan ugal-ugalan hingga hampir mencelakakan warga sekitar. Warga yang merasa kesal akhirnya menghentikan paksa mobil Sofyan dan Sudirman.

Warga menarik keluar kedua pelaku dari mobil dan mengamankan mereka ke pos terdekat. Salah satu warga kemudian menghubungi anggota Team Tiger yang kebetulan berpatroli di kawasan Koja.

Baca: Spesialis Copet di KRL yang Rampas Motor Seorang Kakek Ditangkap

Setelah tiba, petugas menanyai kedua pelaku dan menggeledah isi mobil. Di dalam mobil, ditemukan sebuah tas milik salah satu pelaku.

Setelah diperiksa, terdapat banyak kartu tanda penduduk (KTP) dengan nama pemilik yang berbeda-beda. Saat dimintai keterangan, kedua pelaku mengaku merupakan pencopet yang kerap melakukan aksinya di dalam angkutan umum.

Kedua pelaku diamankan di Mapolres Jakarta Utara bersama dengan barang bukti berupa KTP serta mobil yang diketahui dirental salah satu pelaku.

"Polisi mengamankan pelaku dan melakukan pendalaman. Diketahui banyak KTP di tas pelaku. Saat dilakukan pengecekan ternyata KTP tersebut milik korban pencopetan. Mereka ternyata spesialis copet di angkutan umum," ujar Dwiyono di Jakarta Utara.


Penulis : David Oliver Purba
Editor : Dian Maharani