KPU Belum Dapat Konfirmasi Pendaftaran Capres-Cawapres Kubu Jokowi

By Fitria Chusna Farisa - Kamis, 9 Agustus 2018 | 14:14 WIB
Komisioner KPU Ilham Saputra
Komisioner KPU Ilham Saputra (KOMPAS.Com/Fitria Chusna Farisa)

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan, KPU belum menerima konfirmasi dari partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo terkait pendaftaran calon presiden-calon wakil presiden pada Pemilu Presiden atau Pilpres 2019.

Sebelumnya, KPU telah mengimbau kepada seluruh koalisi parpol pendukung capres-cawapres untuk melakukan konfirmasi ke KPU satu hari sebelum paslon mendaftar.

"Saya belum dapat (konfirmasi) resmi, kalau sudah resmi saya sampaikan," kata Ilham di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Namun, menurut Ilham, koalisi pengusung Jokowi telah menyerahkan nama-nama liaison officer (LO) untuk pendaftaran. Meskipun, hingga kini nama-nama LO tersebut belum diserahkan secara resmi.

"Yang (kubu) Jokowi sudah menyerahkan (nama LO), tapi belum resmi, masih melalui WA. Saya katakan harus resmi, mendapat mandat resmi," tuturnya.

Baca juga: KPU Yakin Capres-Cawapres Mendaftar di Hari Terakhir Masa Pendaftaran

Di samping itu, Ilham mengaku pihaknya siap untuk menerima pendaftaran capres-cawapres, siapa pun paslonnya.

Untuk menghindari gesekan antar kubu paslon, KPU meminta kedua kubu tidak hadir di waktu yang bersamaan, tetapi diberi jeda waktu dua hingga empat jam.

"Kalau ada pihak A misalnya, konfirmasi (akan mendaftar) jam 10, kami harap pihak B dan pihak C, dua jam atau empat jam sesudahnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ucap Ilham.

KPU telah menggelar pendaftaran capres-cawapres sejak Sabtu (4/8) di kantor KPU Pusat. Pendaftaran akan ditutup pada Jumat (10/8) pukul 24.00 WIB.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pasangan capres-cawapres yang mendaftarkan diri ke KPU.

Kompas TV Namun, Presiden Joko Widodo belum mau menyebut siapa nama calon wakil presiden yang ia pilih.
Editor : Bayu Galih
Artikel Terkait


Close Ads X