Sambut Asian Games, 365 Peserta Melukis Mural di Pilar Tol Rawamangun-Sunter

By Cynthia Lova - Sabtu, 4 Agustus 2018 | 12:51 WIB
Peninjauan 73 pilar oleh Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto, Direktur Utama CMNP Tito Sulistio, Ketua Pelaksana,  Adil, di Jalan tol Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (4/8/2018).
Peninjauan 73 pilar oleh Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto, Direktur Utama CMNP Tito Sulistio, Ketua Pelaksana, Adil, di Jalan tol Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (4/8/2018). (Kompas.com/Cynthia Lova)

JAKARTA, KOMPAS.com - 365 peserta akan melukis dalam kompetisi CMNP Mural Competition 2018 di 73 pilar tol layang Rawamangun-Pulomas-Sunter, Sabtu (4/8/2018).

Dalam kompetisi ini, perusahaan infrastruktur jalan tol PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP) menggandeng Cikini Art Stage (CAS) menyelenggarakan kompetisi mural dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

"Kegiatan lomba mural ini mengusung tema Culture and Diversity Energy of Asia," ujar Ketua Pelaksana Perlombaan Mural Aidil Usman, di depan Tol Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu.

Baca juga: Saat PPSU Mengaku Kesulitan Gambar Mural Bertema Asian Games

Kegiatan lomba mural itu sendiri akan dilaksanakan pada 4-7 Agustus 2018. Pihaknya menyeleksi 189 desain yang masuk secara online. Sebanyak 100 desain diantaranya diturunkan karena memuat SARA, fasis, dan kekerasan. 

Beberapa seniman akan menjadi juri dan menilai karya mural yang dilukis tersebut.

Dewan juri itu terdiri dari Hanafi (perupa), Bambang Asrini Widjanarko (kurator seni rupa) dan Seno Joko Suyono (wartawan senior seni budaya).

Baca juga: Mural di Kampung Tematik Penjaringan Angkat Konsep Jakarta Tempo Doeloe

Direktur Utama CMNP Tito Sulistio mengatakan, karya-karya mural para peserta yang menghiasi tiang-tiang jalan layang tol diharapkan mampu menjadi penyemangat pelaksanaan Asian Games 2018.

"Tidak hanya sebatas itu, mural ini juga bisa menjadi prasasti dan artefak atas hajatan besar empat tahunan yang diikuti 54 negara se-Asia dan kelak akan selalu dikenang oleh para generasi bangsa tercinta ini," ujar Tito.

Ia berharap, mural ini juga semakin mempercantik Jakarta dan menarik minat wisatawan datang ke Jakarta. 

Baca juga: Bermodal Mbah Google, PPSU Lukis Tembok Kali Mookevart dengan Mural Asian Games

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Sugiyartanto berharap warga terus menjaga lukisan mural untuk memperindah Jakarta.

"Ya dengan cara itu kita bisa memelihara sama-sama kesenian mural ini untuk kebersamaan. Faktanya, kan, dari kita oleh kita untuk kita, jadi berharapnya mural ini akan dijaga," ujarnya. 

Editor : Kurnia Sari Aziza
Artikel Terkait


Close Ads X