Deretan Model Terbaru Kia Indonesia

Rabu, 18 Februari 2015 | 15:59 WIB
Leftlanenews Wajah Kia Carnival/ Sedona yang akan dirilis dalam New York Auto Show 2014.

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah lama tersiar kabar, Kia Mobil Indonesia (KMI) akhirnya mengonfirmasi kedatangan versi penyegaran pada Picanto dan Rio tahun ini. Dipastikan kedua tulang punggung penjualan ini akan mendarat di Indonesia setelah diluncurkan negara asalnya di Korea Selatan.

“Saya sudah pernah mengatakan hal ini, sekarang saya pastikan kita akan ada penyegaran untuk Rio dan Picanto,” ucap Direktur Pemasaran KMI Hartanto Sukmono, di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Hartanto belum bisa memastikan jadwal peluncuran, tapi diprediksi akan hadir di kuartal kedua 2015, sebelum Lebaran (Juli). Penyegaran pada kedua model andalan ini menjadi salah satu cara KMI mempertahankan dominasi keduanya di porsi total penjualan tahunan KMI. Pada 2014, Picanto dan Rio mewakili 80 persen penjualan, tahun ini KMI menetapkan target yang sama.

Model baru

Selain edisi terbaru Picanto dan Rio, KMI juga mengungkap rencana memasukan model baru. Meski begitu Hartanto masih enggan menjelaskan segmen apa yang bakal dibuka. Saat ini KMI sudah bermain di banyak lini, yaitu mobil kota Picanto, hatchback Rio, sedan Optima, MPV medium Carens, SUV medium Sportage, SUV atas Sorento, dan mobil komersial K2700.

Dari rumor yang beredar, KMI punya tiga pilihan model global yaitu Sedona (Carnival), Forte (Cerato), atau Soul. Namun menelisik informasi sejak tahun lalu, kemungkinan besar KMI memasukan MPV atas Carnival.

Meski belum dikonfirmasi, Hartanto mengungkap model baru ini akan meluncur di semester kedua.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian