Porsche Terbakar, Pasangan Ini Tuntut Ganti Rugi Rp 19 Miliar

Senin, 9 Februari 2015 | 16:20 WIB
RUPTLY/Carscoop Pemilik dan Porsche Panamera sudah hangus dilalap api.

Moskwa, KompasOtomotif - Porsche Panamera dikabarkan terbakar dengan sendirinya ketika diparkir di dalam garasi rumah konsumen di Moskwa, Rusia. Kini, pemilik mobil ini mengajukan tuntutan ganti rugi pada pabrikan asal Jerman itu, karena merasa dirugikan.

Pemilik mobil dan rumah yang rusak adalah Roman dan Svetlana Martynenko. Keduanya mengaku terbangun dari tidurnya tengah malam karena mencium bau terbakar, kemudian bergegas ke garasi.

"Saya mencoba masuk ke garasa lewat pintu, tapi tidak bisa terbuka. Saya harus mendobraknya dan saya melihat mobil itu sudah terbakar. Pusat api terlihat dari balik kap mesin. Di belakang dinding garasi ada selang dan tabung gas, kalau itu meledak, tidak akan ada sisa," beber Roman Martynenko kepada Life News, dilansir Carscoop (8/2/2015).

Setelah usaha yang gagal untuk mematikan sumber api, pasangan ini menghubungi pemadam kebakaran dan berhasil menjinakan si jago merah sebelum melalap seluruh rumah mereka. Keluarga Martynenko kemudian menyewa seorang ahil independen yang menyimpulkan penyebab kebakaran adalah korsleting di bagian kompartemen mesin dari Panamera.

Roman Martynenko, yang mengaku sebagai konsumen setia Porsche dan pernah secara pribadi berkenalan dengan Wolfgang Porsche, pemilik saham Porsche AG, sekaligus putra termuda Ferdinand Porsche. Roman mengatakan sudah mencoba menghubungi pabrikan dan membicarakan soal hasil temuan ahli yang disewanya, namun niat baiknya belum mendapat respon dari Porsche.

Porsche mengaku tidak mengetahui adanya kasus terbakarnya Panamera di dunia. Pihak Porsche menambahkan, tidak ada perwakilan mekanik atau teknisis mereka yang sudah melakukan pemeriksaan.

Mendapat perlakuan dingin, kini kedua pasangan menuntut ganti rugi pada Porsche hingga 100 juta ruble atau Rp 19,2 miliar.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Azwar Ferdian