Transformasi MPV Murah Datsun Jadi Perpustakaan Keliling

Jumat, 30 Januari 2015 | 13:30 WIB
KompasOtomotif-donny apriliananda Datsun Go Panca yang dimodifikasi menjadi perpustakaan keliling.

Jakarta, KompasOtomotif – Utilitas Datsun Go+ Panca sebagai mobil keluarga yang mempunyai interior lega dibuktikan dalam program Datsun Rising Hope. MPV murah yang masuk di ranah LCGC itu disulap menjadi perpustakaan keliling, mampu membawa ribuan buku dan mainan dalam kompartemen khusus.

Datsun Indonesia mempercayakan ubahan itu kepada modifikator spesialis perombakan ekstrem, Signal Custom dari Bandung. Konsepnya ubahannya memanfaatkan semua ruang belakang mobil menjadi ”lemari berjalan” dengan banyak kompartemen.

KompasOtomotif-donny apriliananda Bagian belakang menjadi pajangan buku dan mainan, namun di baliknya juga terdapat kompartemen penyimpanan.

Andre Mulyadi, pemodifikasi dari Siganl Custom, usai peluncuran program Datsun Rising Hope, di Rumah Imam Bonjol, Jakarta, (29/1/2014), mengatakan bahwa sebisa mungkin modifikasi memanfaatkan semua ruang, kecuali kabin depan.

”Karena konsepnya sebagai perpustakaan berjalan, kami juga harus memikirkan kemudahan untuk dioperasikan. Misalnya, akses pintu diperlebar, atau membuat ruang penyimpanan portable yang bisa dibongkar-pasang,” jelas Andre.

KompasOtomotif-donny apriliananda Pintu samping diubah rah bukaannya, sudut bukaan juga diperlebar untuk kemudahan akses.

Ubahan

Untuk mewujudkan itu, Andre dan tim mengosongkan semua bagian belakang mobil. Setelahnya, lantai diberi alas khusus sebagai peredam. Kabin diukur untuk dibuatkan kotak-kotak penyimpanan seefektif mungkin.

Di balik lapisan luar yang kasat mata, masih terdapat kompartemen untuk ”menyembunyikan” buku atau mainan. Semua boks dibuat dari kayu, lalu dilapisi kulit warna abu-abu. Signal Custom membuat rak-rak itu bisa dimanfaatkan untuk memajang buku atau mainan edukatif.

KompasOtomotif-donny apriliananda Sisi terluar diambil, ditemukan ruang penyimpanan untuk menampung buku.

Pintu

Khusus untuk pintu tengah, Andre mengubah arah bukaannya menjadi berlawanan (suicide). Dua pintu pintu tengah dilepas dari engselnya, lalu dibuatkan engsel baru di bawah pilar C. Sudut bukaan pun diperlebar hingga 90 derajat. Inilah salah satu solusi untuk memberikan kemudahan atau memperluas akses untuk mengambil buku.

Sebagai finishing, dipasang stiker khusus yang sudah melalui proses digital printing sebelumnya untuk memberi identitas.

Dua perpustakaan keliling yang dibangun dari Datsun Go+ Panca itu akan dioperasikan oleh Yayasan 1001 Buku menyinggahi taman bacaan anak-anak di Jabodetabek. 

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian