Aplikasi BMW di Jam Tangan Jadi Penemuan Terbaik

Kamis, 13 November 2014 | 15:15 WIB
BMW Memungkinkan memantau status mobil langsung dari pergelangan tangan.

New York, KompasOtomotif - BMW telah memperkenalkan piranti lunak khusus untuk merek turunannya, "i", yang bisa memantau dan mengatur mobil ini dari ponsel pintar. Aplikasi "BMW i Remote" kemudian dimodifikasi dan dikembangkan untuk kompatibel di jam tangan pintar, Samsung Gear S, sehingga pengaturan kendaraan bisa dilakukan di pergelangan tangan.

Upaya ini mendapat apresiasi oleh pameran elektronik terbesar di Amerika Serikat, Consumer Electornics Show (CES) yang bergulir di Las Vegas, 6-9 Januari 2015 mendatang. Memang pamerannya masih dihelat tahun depan, tetapi ada acara khusus yang dilakukan pihak penyelenggara di New York, November ini, untuk memberikan penghargaan inovasi terbaik untuk 20 kategori produk. Tahun ini, untuk kategori piranti lunak dan aplikasi mobil terbaik, BMW i Remote untuk Samsung Gear menyabet penghargaan ini.

Tahun depan, CES akan dimeriahkan lebih dari 3.500 peserta pameran, diklaim sebagai yang terbesar di dunia. Penghargaan ini diperoleh berdasarkan penilaian dari beberapa juri, termasuk desainer industri, insinyur, dan perwakilan media.

Kriteria penilaian yang digunakan, antara lain fungsionalitas, tampilan estetika, kemudahan penggunaan, dan inovasi.

Cara kerja
Cara kerja jam tangan pintar Samsung Gear memungkinkan pengguna untuk terkoneksi dengan ponsel pintar tanpa harus memegangnya. Berbagai kegiatan bisa dilakukan hanya menggunakan jam tangan.

Hal sama terjadi dengan aplikasi BMW i Remote, beberapa hal menarik seperti mengetahui berapa jarak tempuh sisa yang bisa dicapai model i-series. Selain itu, proses pengisian baterai, sampai estimasi waktu pengisian yang harus dihabiskan sampai baterai terisi penuh, juga bisa dipantau melalui jam ini.

Status mobil juga bisa dipantau via jam. Apakah mobil sudah terkunci, jendela tertutup, menghidupkan atau mematikan pendingin ruangan, dan lain sebagainya.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Aris F. Harvenda