Tiga Merek Jerman Jadi “Santapan” di Iklan Jaguar

Kamis, 13 November 2014 | 08:20 WIB
Worldcarfans Iklan Jaguar menyindir BMW.

Toronto, KompasOtomotif - Di permukaan, persaingan merek-merek premium tersohor mungkin saja dikemas dengan elegan, namun di level pemasaran tidak selalu demikian. Sama seperti permainan sepak bola, mereka diibaratkan timnas yang mewakili nama bangsa bersaing di kompetisi Piala Dunia.

Persaingan iklan antar merek telah berlangsung lama, gaya komunikasinya terus berkembang seperti yang terakhir dilakukan Jaguar. Pekan lalu Jaguar telah menelurkan tiga iklan cetak terbaru bernada provokatif dengan tema “Devour the road” mirip tagline Jaguar XJR 550 tk. Bila diartikan ke bahasa Indonesia tema itu bisa menjadi “melahap jalan”.

Worldcarfans Iklan Jaguar menyindir Audi.

Sepertinya memang tidak ada masalah, namun sedikit menggelitik bila melihat gambar yang ditampilkan. Ketiga iklan hasil kreativitas agensi periklanan Y&R Toronto ini mengilustrasikan tiga merek asal Jerman, Mercedes-Benz, BMW, dan Audi sebagai menu makanan siap santap. Mercedes-Benz diibaratkan Quiche, BMW sebagai Blueberries, dan Audi adalah Bagels.

Makna yang tersirat, Jaguar ingin menyindir model pesaing XJR dari tiga manufaktur Jerman itu. Sebagai komparasi, BMW punya M5 dengan paket kompetisi 575 tk, Audi RS6 yang menghasilkan 560 tk, dan Mercedes-AMG 600 tk.

Worldcarfans Iklan Jaguar menyindir Mercedes-Benz.

Keempat merek ini terus melakukan kampanye iklan dengan tingkat kreativitas tinggi. Hanya tinggal menunggu waktu sampai akhirnya merek lain menjawab dengan ide segar lain.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda