Ini Mobil Sport Kompak Cita Rasa Korsel

Selasa, 21 Oktober 2014 | 08:01 WIB
MotorTrend Hyundai PassoCorto

Seoul, KompasOtomotif - Hyundai memang tidak identik dengan mobil sport, namun pabrikan Korea Selatan ini ingin menanggapi kegemaran konsumen Eropa terhadap model kompak dengan performa dahsyat.

Dalam sesi wawancara bersama AutocarSenior Vice President and COO Hyundai Motor Europe Allan Rushforth, tak mengungkapkan model apa yang akan lahir dalam jangka waktu dekat, tapi ia mengatakan sudah pasti model itu akan dipasarkan global. Satu hal yang ditekankan, Hyundai tak akan melahirkan tipe bodi kupe.

Menurut Rushforth, pasar untuk mobil sport kupe sulit langgeng. “Mobil seperti ini, sebut saja Audi TT, menciptakan permintaan besar saat masih baru, tapi kemudian cepat mati. Ini tentang demografi juga. Tipikal pembeli kupe lawas tak lagi menginginkan mobil seperti itu,” terang Rushforth yang juga mengungkapkan dirinya segera hijrah ke Nissan, Senin (20/10/2014).

WRC
Hasil pengembangan World Rally Championship (WRC) dan ambisi besar berkutat di ajang motorsport adalah langkah relevan menghasilkan mobil sport baru. Divisi performa N milik Hyundai disebut bisa menciptakan peluang ekspansi model bertenaga.

Pada Geneva Motor Show Februari lalu Hyundai telah menunjukkan visi mobil sport pada konsep PassoCorto. Cukup potensial menjadi ikonis mobil sport kompak asal Korea Selatan, model tersebut menggunakan mesin 1.6L bertenaga 262 tk. Namun sayang tak pernah diungkapkan akan diproduksi.

Kabar lain datang pada awal bulan ini, Hyundai dikatakan sedang menjejali hatchback kompak i20 dengan berbagai produk hasil olahan N untuk menjadikannya satu varian paling bertenaga. Disebut i20 N, dilengkapi mesin 1.6L turbo milik Veloster Turbo. Tenaga minimal disinyalir mencapai 250 tk.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda