Ini Nama Sedan "Fuel Cell" Toyota

Sabtu, 2 Agustus 2014 | 12:00 WIB
Leftlanenews Toyota FCV Concept di Tokyo Motor Show 2013. Pemerintah Jepang akan memberi subsidi untuk pembelian mobil berenergi hidrogen.

Tokyo, KompasOtomotif - Toyota Motor Corp (TMC) sedang mempertimbangkan nama resmi yang akan dipakai mobil fuel cell (hidrogen). Nantinya, nama tersebut akan dipakai bila sedan FCV sudah resmi dipasarkan.

Toyota sudah mendapatkan lampu hijau dari Pemerintah Jepang, terkait pengembangan mobil fuel cell. Jepang akan memberikan insentif pada semua penjualan mobil bertenaga hidrogen tersebut.

Sebelum dijual, ada nama resmi buat sedan FCV. Nama yang dipertimbangkan adalah Mirai, yang berarti masa depan dalam bahasa Jepang. Seperti dilansir Bloomberg, nama Mirai sebenarnya sempat disebutkan akan menjadi nama baru dari Supra. Tapi, TMC mengalihkannya untuk digunakan di FCV.

Dengan insentif yang diberikan oleh pemerintah, pembeli FCV akan mendapatkan potongan harga 2.035.900 yen (20.000 dollar AS) atau setara dengan Rp 231,6 juta. Banderol sebenarnya 7 juta yen atau setara dengan Rp 828,3 juta (tidak termasuk pajak). Dengan demikiaan, FCV bisa dibeli hanya dengan harga Rp 596,7 juta.

Penulis : Azwar Ferdian
Editor : Aris F. Harvenda