1,2 Juta Unit Avanza Beredar di Indonesia

Selasa, 22 Juli 2014 | 11:30 WIB
Azwar Ferdian/KompasOtomotif Avanza Pop You Up

Jakarta, KompasOtomotif - Tak salah bila menyebut Toyota Avanza sebagai mobil tersukses dengan penjualan terbaik di industri otomotif Tanah Air. Saat ini Avanza menjadi model dan tulang punggung penjualan Toyota Astra Motor (TAM).

Pertama kali melepas Avanza pada Desember 2003, dan memulai penjualan pada awal 2004. Dalam kurun 10 tahun, low MPV (Multi Purpose Vehicle) ini mampu tersebar ke seluruh Indonesia dengan populasi mencapai 1,2 juta unit.

"Avanza adalah prestasi TAM. Dalam rentang 10 tahun, total kami sudah menjual sekitar 1,2 juta unit. Makanya tak heran jika Avanza saat ini disebut sebagai mobil sejuta umat, karena jutaan Avanza sudah beredar di Indonesia," jelas General Manager Corporate Planning & Public Relation PT TAM Widyawati Soedigdo, di Jakarta, Senin (21/7/2014).

Widyawati melanjutkan, sebelum melepas Avanza ke pasar Indonesia, TAM sudah melakukan survei tentang kendaraan yang dianggap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Penelitian itu akhirnya tertuang pada sosok Avanza.

"Avanza ini sudah sangat pas dengan survei yang kami lakukan, dalam mencari mobil apa yang sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia. Hasilnya, TAM rata-rata melepas Avanza sekitar 15.000 unit per bulan. Dengan beragam pengembangan, Avanza hadir dengan line-up yang sudah dilengkapi berbagai fitur kenyamanan serta fitur keamanan," lanjut Widyawati.

Sebagai informasi, guna memberikan sarana bagi pemilik Avanza yang ingin tampil beda, TAM menggelar Avanza Pop You Up. Acara ini mengumpulkan para pengguna dengan modifikasi ringan, tapi bisa terlihat lain dari versi standar.

Penulis : Azwar Ferdian
Editor : Aris F. Harvenda