Lexus Buka Peluang Kelahiran "Adik" NX

Senin, 21 Juli 2014 | 13:15 WIB
Lexus SUV kompak terbaru Lexus mengisi ceruk di bawah RX.

London, KompasOtomotif - Lexus baru saja meluncurkan model terbaru SUV menengah, NX, belum lama ini. Kini, merek premium di bawah payung Grup Toyota ini dikabarkan sudah menyiapkan versi lebih kompak.

Peluncuran "adik" NX, dijelaskan Alain Uyttenhoven, Wakil Presiden wilayah Eropa, "bukan hal yang mustahil" bagi Lexus atau merek lain. Model ini masuk akal, tapi Uyttenhoven masih tutup mulut ketika ditanya soal rencana produksi.

Lexus saat ini terus berupaya memperbanyak model baru, demi mengurangi ketergantungan penjualan di Amerika Utara. Maklum, di sana penjualan mencakup setengah dari total yang dihasilkan, mencapai 500.000-an unit per tahun.

Uyttenhoven menjelaskan, selera pasar seperti Eropa, China, dan Jepang bisa menyatu dan mendorong hadirnya model lebih kecil. Sekaligus memperbesar kesempatan perluasan portofolio penawaran produk pada konsumen.

Ia juga mengatakan, sekarang hampir semua merek premium ukurannya semakin kecil. Sekitar 60 persen dari model premium terjual di Eropa dengan jumlah sekiar 40.000 unit. "Pasar mobil premium itu dimulai dari mobil kompak, seperti Audi A1," beber Uyttenhoven.

Di sisi lain, dijelaskan belum ada rencana membekali teknologi hidrogen pada keluarga LS dan masih mengandalkan mesin 4-silinder. Indikasi bakal dimunculkan pada 2020.

"Begitu teknologi bahan bakar hidrogen bisa dipakai untuk mobil balap, baru Anda akan melihat teknologi ini pada mobil-mobil premium," beber Uyttenhoven.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Aris F. Harvenda