Lexus Punya Pabrik Baru di Jepang

Minggu, 6 Juli 2014 | 11:38 WIB
BLOOMBERG Produksi Lexus di Jepang.

Tokyo, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation (TMC) menyatakan siap mengoperasikan pabrik Lexus di pabrik Motomachi, Jepang, Agustus mendatang. Fasilitas produksi ketiga ini disiapkan untuk menambah produktivitas sekaligus penjualan di pasar global.

Akio Toyoda, Presiden TMC mengaku, sengaja memperhatikan penuh merek yang sudah berusia 25 tahun ini untuk lebih serius di pasar mobil premium. Upaya yang dilakukan agar Lexus lebih dikenal sebagai merek premium dari Toyota. Selama ini, Lexus hanya konsentrasi di Amerka Serikat yang berkontribusi sekitar setengah penjualan.

Ryo Sakai, juru bicara Toyota mengatakan, perusahaan akan menggeser produksi sedan GS untuk ekspor ke pabrik Motomachi dari sebelumnya di Tahara, Jepang Tengah. Sedangkan, pabrik Tahara disiapkan untuk memproduksi model baru.

Selama ini, Toyota hanya memproduksi Lexus di dua pabrik, Tahara dan Miyata, di Jepang. Sedangkan di AS, ada perakitan di Ontario dan Kanada. Lexus juga berencana mulai merakit di pabrik Kentucky mulai musim panas 2015.

Tahun lalu, Lexus berhasil meraih penjualan 523.000 unit, naik 10 persen dari tahun sebelumnya.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Aris F. Harvenda