Bos Baru Ford Digaji Rp 171,5 Juta per Hari

Kamis, 3 Juli 2014 | 09:00 WIB
jalopnik.com Alan Mulally (kiri) bersama suksesornya Mark Fields.

Detroit, KompasOtomotif - Bos baru Ford Motor Company, Mark Fields, akan memperoleh gaji plus bonus mencapai 5,25 juta dollar AS atau Rp 62,6 miliar tahun ini. Jika diurai dalam 365 hari dalam setahun, maka penghasilan Fields sehari adalah Rp 171,5 juta, termasuk akhir pekan dan libur nasional. Jumlah ini lebih besar 33 persen dari apa yang diperoleh bos sebelumnya, Alan Mulally pada 2013.

Pendapatan Fields tahun ini diperoleh melalui gaji 1,75 juta dollar dan bonus 3,5 juta dollar AS. Ia juga memperoleh 710.227 saham dengan harga 17,21 dollar per lembarnya, sehingga analis GMI Ratings memprediksi nilainya mencapai 3 juta dollar AS. Tahun lalu, Mulally memperoleh 2 juta dollar dalam bentuk gaji dan bonus 5,88 juta dollar AS.

Selain menjadi pemimpin perusahan, Fields juga menggantikan posisi Mulally sebagai salah satu direksi perusahaan. Tahun lalu, Ford berhasil membukukan keuntungan hingga 8,78 miliar dollar AS. Setelah berkarir 25 tahun bersama Ford, akhirnya Fields ditunjuk sebagai suksesor Mulally. Salah satu alasan adalah keterlibatan membantu Ford terhindar dari ancaman kebangkrutan pada krisis 2009, yang dialami General Motors dan Chrysler.

"Ini mencerminkan sebuah keputusan dari dewan direksi untuk menaikkan kompensasi mulai 2014 untuk level CEO, tapi bukan lonjakan hingga level stratosfer," jelas Gary Hewitt, Direktur Pelaksana GMI di New York, dilansir Bloomberg (2/7/2014).

Pesawat pribadi
Selain gaji yang besar, Fields kini juga diwajibkan menggunakan pesawat pribadi untuk berpergian dalam hal bisnis. Ini dilakukan untuk memaksimalkan keselamatan dan efisiensi waktu demi kemajuan bisnis perusahaan.

"Kami percaya dengan menyamakan kompensasi eksekutif dengan performa bisnis perusahaan dan nilai saham dalam jangka panjang," jelas Susan Krusel, juru bicara Ford.

Tapi, Fields pernah dikritik sebelumnya karena menggunakan pesawat perusahaan untuk urusan pribadi, mengunjungi keluarganya di Florida, 2007 lalu.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Aris F. Harvenda