Ford Focus "Facelift" Gunakan Gril Ala Fiesta

Senin, 24 Februari 2014 | 12:13 WIB
worldcarfans Ford Focus 2015 dengan tampilan muka lebih segar

Dearborn, KompasOtomotif - Jelang gelaran Geneva Motor Show 2014 yang dihelat 6-16 Maret mendatang, beberapa produsen mulai memamerkan produk baru atau konsep yang akan ditampilkan. Termasuk Ford yang mulai menampakkan sosok facelift dari Focus.

Produk yang merupakan generasi ketiga ini diberikan penyegaran, terutama di bagian depan. Desain gril kini tampil beda dengan desain mirip Fiesta, hanya saja terlihat lebih pipih. Beberapa kalangan menganggap gril tersebut mirip dengan yang dipakai Aston Martin. Begitu pula dengan lubang angin bemper depan yang dibuat lebih kompak, dan selaras dengan tampilan rumah lampu kabut.

worldcarfans Tampilan belakang lebih ramping dengan desain lampu lebih kecil
Tak sampai di situ. Lampu depan juga ikut dipercantik dengan model mirip Fusion yang memiliki desain lebih sipit. Lekukan kap juga lebih berkarakter kuat dengan kehadiran lekukan garis tegas. Sedangkan untuk lampu belakang ukuran diperkecil sehingga terlihat lebih ramping dan sporty.

Ubahan lain yang cukup besar adalah ruang kabin. Konsol tengah didesain ulang yang menyertakan tombol lebih sedikit. Selain itu semua masih dipertahankan seperti penggunaan monitor di dasbor tengah. Setir menggunakan desain baru lengkap dengan multifunction steering. Meski belum resmi, fitur pelengkap khas Ford (SYNC), kabarnya tetap dipertahankan.

worldcarfans Tombol konsol tengah dikurangi
Efisien
Sebagai sumber tenaga, mesin Ecoboost masih dipercaya berada di balik kap. Tetap disediakan 2 pilihan, bensin dan diesel dengan kapasitas 1,5-liter. Dikabarkan, ada sedikit ubahan pada ECU yang menjadikan penggunaan bahan bakar lebih efisien dan emisi lebih rendah.

Konon kabarnya disipakan pula versi plug-in hybrid. Varian ini disiapkan untuk menemani Golf GTE. Rencananya sistem hibrida dan plug-in menggunakan teknologi yang dipakai C-Max.

Varian ST
Disiapkan pula varian khusus bagi penggila kecepatan yakni versi ST. Secara tampilan bakal dibedakan dengan pemasangan beberapa aerokit. Bahkan dikabarkan ada ubahan pada sasis dan suspensi agar manuver makin agresif dan stabil.

Jantung pacu EcoBoost tetap dipakai dengan tipe 4 silinder kapasitas 2,0 liter. Tenaga yang dihembuskan 250 PS dengan torsi 360 Nm.

Penulis : Aris F. Harvenda
Editor : Aris F. Harvenda