Xavi Bicara soal Penyebab Tren Negatif Barcelona di La Liga - Kompas.com
Sabtu, 4 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Xavi Bicara soal Penyebab Tren Negatif Barcelona di La Liga

Rabu, 7 Desember 2016 | 09:00 WIB
JOSEP LAGO/AFP Xavi Hernandez kala merayakan keberhasilan Barcelona meraih gelar Liga Champions di Stadion Camp Nou, pada 7 Juni 2015.

KOMPAS.com - Xavi Hernandez melihat ada satu alasan yang menyebabkan bekas timnya, Barcelona, mengalami tren minor pada ajang domestik.

Tim asuhan Luis Enrique memang tengah mengalami grafik menurun. Mereka mencatatkan tiga hasil imbang secara beruntun di La Liga.

Serangkaian hasil minor itu membuat Barcelona tertinggal enam poin dari Real Madrid, yang kini memuncaki klasemen sementara.

Dinilai Xavi, performa lini tengah menjadi salah satu penyebab. Dalam tiga laga itu, Barcelona memang tampil tanpa sang kapten, Andres Iniesta, di susunan starter

"Dari apa yang terjadi, Anda harus mencari solusi. Tidak sama ketika tim ini bermain tanpa Iniesta atau tanpa Sergio Busquets. Saya bisa mengatakan hal serupa menyangkut Lionel Messi," tutur Xavi.

"Akan tetapi, Anda harus bersabar dengan pemain seperti Andre Gomes dan Denis Suarez. Mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi," kata dia.

Gomes dan Suarez tampil secara bergantian untuk mendampingi Ivan Rakitic pada tiga laga terakhir. Keduanya merupakan rekrutan Barcelona pada musim panas 2016.

Sebagai pemain baru, Gomez dan Suarez belum membuktikan kualitasnya untuk menjadi langganan starter. Di La Liga, Gomez baru mendapatkan jatah lima kali sebagai starter, sedangkan Suarez enam.

 

Penulis: Anju Christian
Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber: RAC1