Sanusi Sebut Ariesman Mengeluh Disuruh Bangun Taman di Kalijodo - Kompas.com
Jumat, 17 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Sanusi Sebut Ariesman Mengeluh Disuruh Bangun Taman di Kalijodo

Kamis, 1 Desember 2016 | 14:30 WIB
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Terdakwa mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja saat akan mengikuti sidang di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, Senin (25/7/2016). Dalam kasus ini, Ariesman Widjaja didakwa menyuap anggota DPRD DKI Jakarta, Mohamad Sanusi sebesar Rp 2 miliar secara bertahap terkait rancangan peraturan daerah tentang reklamasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdakwa kasus suap raperda reklamasi, Mohamad Sanusi, menceritakan keluhan-keluhan mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja terkait kontribusi tambahan.

Sanusi sendiri baru mengetahui bahwa Ariesman sudah mulai membayar kontribusi tambahan kepada Pemprov DKI meski raperda belum jadi.

"Pengalaman saya, dia (Ariesman) bilang, 'Ci, ini saya diminta lagi buat taman di Kalijodo'. Sebelumnya sudah bangun rusun, jalan inspeksi. Dia enggak bilang nominalnya tapi pasti cukup fantastis," ujar Sanusi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Kamis (1/12/2016).

Kemudian, kata Sanusi, Ariesman sempat mengungkapkan kekhawatirannya jika kontribusi tambahan ini diatur dalam pergub, tetapi tidak diberi pasal penjelasan di perdanya.

"Dia bilang, 'Ci kalau pakai pergub doang, enggak ada batasan, ini melebar ke mana-mana," ujar Sanusi yang memang biasa disapa Uci.

Namun, Sanusi menyebut itu bukan berarti Ariesman telah menyuruhnya menambah pasal penjelasan dalam raperda reklamasi. Sanusi menyebut, sejak awal dia sudah mengusulkan agar kontribusi tambahan diatur dalam peraturan gubernur dan diberi pasal penjelas di perda.

"Bapak bisa putar rekaman rapat saya, saya sudah sampaikan itu terus," ujar dia.

Sanusi mengatakan, Ariesman pernah mengeluh kontribusi tambahan sebesar 15 persen itu terlalu besar. Meski demikian, kata Sanusi, Ariesman tidak pernah meminta dia untuk mengubah pasal dalam raperda reklamasi.

"Jadi enggak ada, Ariesman enggak pernah minta tolong. Dia tahu saya kerja ya memang bekerja. Sepanjang argumentasinya benar pasti saya perjuangkan," ujar Sanusi.

Kompas TV Ahok Kaget Dengar Isi Percakapan Sunny dan Ariesman



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Jessi Carina
Editor : Ana Shofiana Syatiri