"Teman Ahok" Masih Ingin Heru Jadi Wakil Ahok - Kompas.com
Rabu, 3 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

"Teman Ahok" Masih Ingin Heru Jadi Wakil Ahok

Kamis, 25 Agustus 2016 | 19:18 WIB
Jessi Carina Juru bicara Teman Ahok Amalia Ayuningtyas dan salah seorang warga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekati waktu pendaftaran pasangan cagub dan cawagub ke KPUD Jakarta, Gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih belum menentukan siapa calon wakilnya.

Sementara kelompok relawan "Teman Ahok" masih menginginkan Heru Budi Hartono menjadi calon wakil Ahok. Pengalaman historis bersama Heru, kata salah satu pendiri Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas, menjadi alasan Heru masih didukung.

"Kami sampai ngumpulin KTP dua kali loh. Dan siapa yang ada di proses itu? Ya Pak Heru," ujar Amalia di Rumah Lembang, Jakarta Pusat, Kamis (25/8/2016).

Amalia menjelaskan, nama Heru bukan berasal dari mereka melainkan dari Ahok sendiri. Komitmen tetap mendukung Ahok meski tak lagi melalui jalur independen, juga menjadi alasan Teman Ahok berharap Ahok tetap pada komitmen awal yaitu menggandeng Heru sebagai wakilnya.

"Kami serahkan ke Pak Ahok. Tapi kalau tanya ke Teman Ahok, kami maunya Pak Heru," kata dia.

Dalam penentuan nama calon wakil, Amalia mengatakan ia dan kawan-kawan belum tentu terlibat. Selain karena tiga parpol pengusung yaitu Golkar, Hanura, dan Nasdem tidak ada bargaining nama wakil, anggota Teman Ahok sendiri memiliki kesibukannya masing-masing.

"Teman Ahok juga ingin mempertimbangkan banyak hal. Soalnya Teman Ahok banyak yang kuliah nih, kerja, ada yang mau melanjutkan hidup atau apa," ujarnya.

Beberapa pekan terakhir, dukungan dari PDI-P ke Ahok semakin kuat. Ahok digadang-gadang akan maju bersama wakilnya saat, Djarot Saiful Hidayat. Djarot merupakan kader PDI-P dan saat ini in menjabat sebagai Ketua DPP PDI-P Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan.

Penulis: Nibras Nada Nailufar
Editor : Egidius Patnistik