Ketua DPP PDI-P Sebut Ahok Adu Domba Djarot dengan Partainya - Kompas.com
Sabtu, 18 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Ketua DPP PDI-P Sebut Ahok Adu Domba Djarot dengan Partainya

Minggu, 21 Agustus 2016 | 06:07 WIB
Kahfi Dirga Cahya Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Andreas Hugo Pareira saat rilis survei "Opinion Leaders" dari Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira menilai Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mencoba memecah belah PDI Perjuangan.

Basuki yang biasa disapa Ahok itu disebut mengadu domba Ketua DPP PDI-P bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan Djarot Saiful Hidayat yang juga Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan PDI-P.

"Pola yang dipakai Ahok (adalah) mengadu domba, memecah belah antara kader dengan kader. Bahkan, Ahok dengan licik mencoba mengadu domba antara Djarot dengan partainya, PDI-P," ujar Andreas melalui keterangan tertulis, Sabtu (20/8/2016) malam.

Andreas mengacu kepada ucapan Ahok yang tidak membutuhkan dukungan PDI-P, tetapi hanya membutuhkan Djarot sebagai cawagubnya saja.

Padahal, kata Andreas, Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah menerima Ahok secara resmi di Kantor DPP PDI-P ketika itu. Namun, Ahok tetap saja mengatakan bahwa dia tidak membutuhkan dukungan PDI-P.

"Ahok berlindung di balik ceritanya tentang dukungan dari Ketua Umum PDI-P," ujar Andreas.

Andreas pun menilai Ahok telah bersikap pragmatis. Menurut dia, Ahok hanya melihat partai sebagai kuda tunggangan untuk mencapai kekuasaan di Jakarta.

Sebelumnya, Ahok mengatakan, kedatangannya ke kantor DPP PDI-P, di Jalan Diponegoro, Jakarta, bukan untuk mendaftarkan diri sebagai bakal cagub DKI dari PDI Perjuangan.

(Baca: Ahok: Saya Bukan Minta Dukungan PDI-P, Saya Cuma Minta Djarot)

Ahok juga mengaku datang bukan untuk meminta dukungan dari PDI-P. Ahok datang ke sana hanya untuk meminta izin berpasangan kembali dengan Ketua DPP PDI-P bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan Djarot Saiful Hidayat dalam Pilkada DKI 2017.

"Saya enggak minta (dukungan) PDI-P loh, saya minta Djarot mau enggak ikut saya jadi wakil," ujar Ahok.

Kompas TV Ahok: Megawati Beri Sinyal Dukung Petahana



 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Jessi Carina
Editor : Bayu Galih