Djarot: PDI-P Ujung Tombak Pemenangan Pilkada DKI - Kompas.com
Jumat, 17 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Djarot: PDI-P Ujung Tombak Pemenangan Pilkada DKI

Selasa, 26 Juli 2016 | 17:22 WIB
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat menghadiri pengukuhan pengurus Paguyuban Werdatama Jaya Provinsi DKI Jakarta, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/7/2016).


JAKARTA, KOMPAS.com -
Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan, DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Djarot Saiful Hidayat mengatakan bahwa partainya berpeluang besar memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Ia mengatakan itu karena PDI-P merupakan partai dengan jumlah kursi terbanyak di DPRD DKI dan dapat mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tanpa perlu berkoalisi dengan partai politik lain.

"Berarti kami ujung tombak terdepan pemenangan (pada Pilkada DKI Jakarta 2017)," kata Djarot, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Meski demikian, PDI-P masih membuka komunikasi dengan partai politik lainnya. Termasuk dengan Partai Nasdem, Hanura, dan Golkar.

Tak hanya partai politik, banyak relawan yang mendekati PDI-P demi pemenangan pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Tapi (peluang komunikasi) bukan hanya tiga partai itu lho. Seperti PAN (Partai Amanat Nasional), PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), kalau mau ikut, ya silakan. Yang penting untuk kepentingan rakyat," kata Djarot.

PDI-P memiliki 28 kursi di DPRD DKI Jakarta. Partai tersebut telah mengerucutkan nama-nama bakal calon gubernur menjadi enam nama.

Enam nama itu merupakan tokoh yang mengikuti penjaringan bakal calon gubernur DKI oleh DPP PDI-P. Beberapa pendaftar penjaringan bakal calon gubernur dari PDI-P adalah Yusril Ihza Mahendra, Sandiaga Uno, Benny Mokalu, dan Marco Kusumawijaya.

Kompas TV PDI-P Masih Tergoda dengan Elektabilitas Ahok?



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Indra Akuntono