IMF: Pemulihan Ekonomi Global Terlalu Lemah dan Rapuh - Kompas.com
Senin, 6 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

IMF: Pemulihan Ekonomi Global Terlalu Lemah dan Rapuh

Rabu, 6 April 2016 | 14:00 WIB
AP PHOTO Direktur IMF Christine Lagarde saat berbicara dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Sabtu (23/1/2016).

FRANKFURT, KOMPAS.com - Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde menyatakan, pemulihan ekonomi global masih terlalu lemah dan rapuh.

Padahal, kini dunia tengah menghadapi risiko yang terus berkembang akibat perlambatan di Cgina dan lemahnya pertumbuhan di negara berkembang.

"Kabar baiknya adalah pemulihan terus berlangsung. Kita memiliki pertumbuhan dan tidak dalam krisis," kata Lagarde seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (6/4/2016).

"Kabar yang tidak terlalu baiknya adalah pemulihan masih terlalu lambat, rapuh, dan risiko akan daya tahannya meningkat."

Dalam sebuah pertemuan dengan Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat, IMF menyatakan akan memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global untuk tahun 2016.Saat ini, proyeksi IMF adalah 3,4 persen.

"Ada kehilangan momentum pertumbuhan. Secara keseluruhan, outlook global terus melemah dalam enam bulan terakhir, diperparah dengan perlambatan China, harga komoditas yang rendah, dan prospek pengetatan finansial di banyak negara," ungkap Lagarde.

Lagarde menyatakan, awalnya negara-negara emerging markets diharapkan menjadi penggerak pemulihan dan diikuti oleh negara-negara maju.

Namun, sayangnya hal itu tidak terjadi. Faktor-faktor lain yang memperparah situasi, imbuh Lagarde, adalah ketidakpastian akibat serangan teroris, ancaman epidemi global, dan konflik yang menyebabkan banyak orang melarikan diri dari tanah airnya.

Kompas TV Ini Dia Beberapa Fakta Ekonomi Dunia



Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Aprillia Ika
Sumber: www.channelnewsasia.com