Kompas.com
Minggu, 7 Juli 2024

Rayakan Perbedaan

TAG

Ganjar Sebut Covid-19 Varian India Ditemukan di Kudus

Minggu, 13 Juni 2021 | 14:50 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau langsung penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus, Minggu (13/6/2021).KOMPAS.com/pemprov jateng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau langsung penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus, Minggu (13/6/2021).

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan kepada masyarakat varian Covid-19 India atau B.1.617.2 sudah ditemukan di Kudus.

Varian baru Covid-19 ini disebut menjadi faktor penyebab cepatnya penyebaran Covid-19 di wilayahnya dalam tiga pekan terakhir.

Peringatan tersebut pun disampaikan Ganjar saat meninjau langsung penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus, Minggu (13/6/2021).

Baca juga: IDI Siap Bantu Penanganan Lonjakan Kasus Covid-19 di Jawa Tengah, Termasuk Kudus

Atas temuan varian baru Covid-19 itu, Ganjar meminta dukungan dari masyarakat untuk mengurangi mobilitas agar tidak semakin menyebar.

“Saya butuh dukungan masyarakat, kalau masyarakat tidak mendukung ini nanti kucing-kucingan terus. Ingat varian baru sudah masuk di Kudus. Catat itu, sudah masuk di Kudus," tegas Ganjar dalam keterangan resminya.

Untuk itu, Ganjar mengusulkan penerapan gerakan lima hari di rumah saja di Kabupaten Kudus untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Artinya kenapa penularannya cepat sekali maka masyarakat musti sadar betul. Saya mengusulkan kalau perlu lima hari semua di rumah saja,” katanya.

Baca juga: Cerita Dokter Andani, Demam Usai Temani Menkes ke Kudus, Ternyata Kena Covid-19



Ganjar berharap, selama lima hari tersebut para orangtua atau lansia hingga anak-anak tidak bepergian.

Perkantoran juga diminta memperbanyak persentase karyawan untuk Work From Home (WFH).

Page:

Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief