Kompas.com
Minggu, 7 Juli 2024

Rayakan Perbedaan

TAG

BNPB Jadikan RS Lapangan Ijen Boulevard Sebagai Antisipasi jika Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19

Jumat, 11 Juni 2021 | 18:55 WIB
Ilustrasi Covid-19KOMPAS.COM/(Shutterstock/Petovarga) Ilustrasi Covid-19

MALANG, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengunjungi Rumah Sakit Lapangan Ijen Boulevard di Kota Malang, Jumat (11/6/2021).

Ganip mengatakan, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RS Lapangan itu cukup rendah.

Karena itu, RS Lapangan yang ada di Jalan Ijen Kota Malang tersebut disiapkan untuk menampung pasien ketika ada lonjakan kasus di daerah lain.

"Kemudian kondisi yang dirawat sekarang itu cukup rendah. Sehingga kita bisa menjadi suatu antisipasi nanti manakala terjadi ledakan (lonjakan kasus) di tempat yang lain. Tapi kita tidak berharap itu karena kita sudah melakulan berbagai upaya pengendalian," katanya di RS Lapangan Ijen Boulevard, Kota Malang, Jumat.

Baca juga: Rohmiati Kaget, Uang Rp 64 Juta di Tabungannya Ludes, ATM Dicuri dan Dikuras oleh Sales

Berdasarkan data yang tercantum di website resmi RS Lapangan Ijen Boulevard, jumlah pasien yang sedang dirawat sebanyak 71 orang.

Terdiri dari 40 laki-laki dan 31 perempuan. Sedangkan, rumah sakit itu diproyeksi mampu menampung 306 pasien.

Dalam kunjungannya itu, Ganip memastikan bahwa RS Lapangan itu dalam kondisi siap. Baik dari aspek sumber daya manusia ataupun fasilitasnya.

"Saya sudah dilapori tentang kondisi Rumah Sakit Lapangan di Ijen ini. Semua yang ada di sini saya cek, saya pastikan baik itu menyangkut masalah nakesnya, dokter, perawat dan relawan, juga fasilitas dan obat-obatan, semua dalam keadaan siap," katanya.

Baca juga: Uang Rp 64 Juta di Rekeningnya Terkuras Habis, Rohmiati Baru Sadar Sebulan Kemudian

Page:

Penulis: Kontributor Malang, Andi Hartik
Editor : Pythag Kurniati