Kompas.com
Kamis, 4 Juli 2024

Rayakan Perbedaan

TAG

Antisipasi Lonjakan Covid-19 di Rembang, Wisata Religi Makam Sunan Bonang dan RA Kartini Ditutup

Rabu, 9 Juni 2021 | 16:09 WIB
Sejumlah pengunjung mengunjungi makam RA Kartini, di Rembang pada Rabu (21/4/2021) KOMPAS.com/ARIA RUSTA YULI PRADANA Sejumlah pengunjung mengunjungi makam RA Kartini, di Rembang pada Rabu (21/4/2021)

REMBANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Rembang menutup objek wisata religi Makam Sunan Bonang dan Raden Ajeng (RA) Kartini untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Humas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rembang, Arief Dwi Sulistya mengatakan penutupan objek wisata sudah sesuai dengan Surat Edaran Bupati Nomor 440/1247/2021 terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro per tanggal 7 Juni 2021.

"Semua tempat wisata termasuk wisata religi ini untuk sementara ditutup sampai batas waktu yang ditentukan," ucap Arief saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Ganjar Minta Kepala Daerah di Jateng Siapkan Skenario Tangani Lonjakan Covid-19

Selain penutupan tempat wisata, pihaknya juga menutup pasar tradisional setiap hari Jumat, melarang pesta pernikahan dan khitanan.

"Terus kemudian jam operasional toko modern sampai dengan jam 8 malam, terus jam operasional pedagang kaki lima sampai dengan jam 9 malam," katanya.

Arief mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Minta tolong kepada masyarakat berpartisipasi aktif untuk membantu pemerintah dan juga untuk kenyamanan semuanya patuhi terhadap protokol kesehatan," terangnya.

Baca juga: Klaster Panti Asuhan di Rembang, 21 Orang Positif Covid-19

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta agar setiap daerah yang berdekatan dengan zona merah untuk siap siaga mengantisipasi terjadinya kasus Covid-19 yang terus bergerak mengalami peningkatan.

"Artinya Rembang, Blora siap-siap. Kota Semarang, Boyolali siap-siap sampai nanti Solo, Karanganyar," ujar Ganjar, Senin (7/6/2021) lalu.

Berdasarkan monitoring Covid-19 Kabupaten Rembang per tanggal 8 Juni 2021, terdapat 337 orang meninggal akibat Covid-19.

Sedangkan yang terkonfirmasi sembuh sebanyak 3.374 orang dengan total yang terkonfirmasi sebanyak 3.970 orang.

Penulis: Kontributor Blora, Aria Rusta Yuli Pradana
Editor : Dony Aprian