Kompas.com
Minggu, 30 Juni 2024

Rayakan Perbedaan

TAG

Tinjau Jembatan Putus di Magetan, Risma Minta Penanganan Banjir Surabaya Ditiru

Sabtu, 3 April 2021 | 08:59 WIB
Kunjungi Magetan, Mensos Tri Rismaharini langsung melihat jembatan yang ambrol karena diterjang banjir pertengahan Maret lalu. Risma menyarankan Pemkab Magetan menggunakan bronjong untuk mengantisipasi banjir.KOMPAS.COM/SUKOCO Kunjungi Magetan, Mensos Tri Rismaharini langsung melihat jembatan yang ambrol karena diterjang banjir pertengahan Maret lalu. Risma menyarankan Pemkab Magetan menggunakan bronjong untuk mengantisipasi banjir.

MAGETAN, KOMPAS.com–Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau jembatan yang putus karena diterjang banjir di Desa Ngunut, Kecamatan Parang, Magetan, Jawa Timur, Jumat (2/4/2021) malam.

Dalam kesempatan itu, Risma berharap Pemerintah Kabupaten Magetan menggunakan bronjong untuk membangunan tanggul dekat sungai sehingga tidak ambrol saat diterjang banjir.

Bronjong disebut Risma sudah dipakai sebagai tanggul sungai di Kota Surabaya, Jawa Timur, dan dianggap berhasil mencegah banjir.

Baca juga: Risma Hentikan BST, Wakil Ketua DPR Minta Pertimbangkan Lagi

“Kenapa Surabaya tidak banjir, Gresik banjir? Karena 23 kilometer (bantaran sungai) saya menggunakan ini (bronjong),” kata Risma yang juga mantan Wali Kota Surabaya di Magetan.

Menurut Risma, bronjong lebih baik menyesuaikan struktur tanah ketimbang struktur site pile yang bisa digunakan jadi tanggul bantaran sungai.

“Bronjong itu mengikuti struktur tanah karena tanahnya sangat (tidak) stabil. Ini cuma saran, nanti ada kajian dari teman di PU (pekerjaan umum)," kata Risma.

Baca juga: Risma: Perajin Harus Inovatif, Jangan Terus Berharap Bantuan Pemerintah

Sebelumnya diberitakan, banjir menggenangi 131 rumah dalam empat kecamatan di Magetan setelah diguyur hujan deras.

Banjir menyebabkan dapur dan kandang ternak milik warga terseret arus. Sebanyak delapan jembatan juga dilaporkan terputus.

Penulis: Kontributor Magetan, Sukoco
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief