Kompas.com
Minggu, 7 Juli 2024

Rayakan Perbedaan

TAG

Dua Pedagang Pasar Sumedang Pingsan Usai Divaksin, Dinkes: Gara-gara Sugesti, Setelah 5 Menit Sehat Lagi

Kamis, 25 Maret 2021 | 14:36 WIB
Seorang pedagang Pasar Sandang Sumedang mengalami pusing hingga harus mendapatkan perawatan medis usai disuntik vaksin Covid-19 di Pasar Sandang Sumedang, Jawa Barat, Kamis (25/3/2021). AAM AMINULLAH/KOMPAS.comKOMPAS.COM/AAM AMINULLAH Seorang pedagang Pasar Sandang Sumedang mengalami pusing hingga harus mendapatkan perawatan medis usai disuntik vaksin Covid-19 di Pasar Sandang Sumedang, Jawa Barat, Kamis (25/3/2021). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com

SUMEDANG, KOMPAS.com - Usai disuntik vaksin Covid-19, dua pedagang Pasar Sandang Sumedang, Jawa Barat jatuh pingsan, Kamis (25/3/2021) siang.

Petugas langsung memberikan pertolongan pertama kepada dua pedagang berjenis kelamin perempuan ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sumedang Reny K. Anton mengatakan, dua pasien ini mengalami gejala pusing usai vaksinasi.

"Tadi kemungkinannya karena kondisi tubuh idividunya, hanya sedikit pusing, 5 menit kemudian biasa lagi. Lebih karena sugestinya saja. Tapi tidak ada KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) berat," ujar Reny kepada Kompas.com di sela vaksinasi Covid-19 untuk 700 pedagang di tiga pasar di wilayah Sumedang kota, Kamis.

Baca juga: Sepekan Usai Divaksin Covid-19, Warga Takalar Meninggal Dunia

Reny menuturkan, vaksin yang diberikan merupakan vaksin Sinovac.

Reny menyebutkan, untuk menghindari gejala seperti pusing dan gejala lainnya usai vaksinasi, warga sasaran vaksinasi harus mempersiapkan dirinya terlebih dahulu.

"Sebelum vaksin, sehari sebelumnya istirahat yang cukup, tidur yang cukup. Pagi sarapan dulu sebelum divaksin. Yang paling penting adalah tanamkan sugesti positif, percaya bahwa vaksin bisa membantu kita menjadi sehat," tutur Reny.

Terlepas dari hal itu, kata Reny, vaksinasi untuk pedagang di pasar kota ini menyasar sekitar 700 pedagang.

"Semuanya berjalan lancar, bahkan antusias pedagang pasar untuk divaksin ini luar biasa. Dari yang sebelumnya tidak mau dan tidak daftar, pada hari pelaksanaannya mereka datang dan meminta divaksin," sebut Reny.

Baca juga: 19 Pegawai Dinas Penanaman Modal Blitar Alami Gejala Usai Vaksin, 3 di Antaranya Menderita Anosmia

Page:

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kontributor Sumedang, Aam Aminullah
Editor : Aprillia Ika