Kompas.com
Minggu, 7 Juli 2024

Rayakan Perbedaan

TAG

38 SD dan SMP di Blora Gelar Sekolah Tatap Muka Terbatas Senin Besok

Rabu, 24 Maret 2021 | 13:09 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Hendi Purnomo saat ditemui Kompas.com di Gedung PKPRI Blora, Rabu (24/3/2021)KOMPAS.com/ARIA RUSTA YULI PRADANA Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Hendi Purnomo saat ditemui Kompas.com di Gedung PKPRI Blora, Rabu (24/3/2021)

BLORA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Blora berencana menggelar sekolah tatap muka secara terbatas pada Senin (29/3/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Blora Hendi Purnomo mengatakan, sekolah tatap muka akan digelar di 38 sekolah yang terdiri 20 sekolah dasar (SD) dan 18 sekolah menengah pertama (SMP).

"Tatap muka dari Dinas Pendidikan Provinsi itu tanggal 5 April, tetapi kemarin Pak Bupati rapat di DPRD menyampaikan tatap muka terbatas akan dilaksanakan paling lama minggu depan," ucap Kepala Dinas Pendidikan Blora Hendi Purnomo saat ditemui Kompas.com di Gedung PKPRI Blora, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: Blora Prioritaskan Vaksinasi Covid-19 untuk Guru di Atas 50 Tahun

Hendi menjelaskan, puluhan sekolah tersebut sebelumnya telah menjalani uji coba pembelajaran tatap muka pada September dan Oktober lalu.

"Konsep awal roadmap-nya tahap pertama ini kita laksanakan bagi sekolah-sekolah yang sudah piloting tahap satu ke tahap dua kan sudah pernah sejumlah 38 sekolah," katanya.

Agar pelaksanaan sekolah tatap muka berjalan lancar, maka vaksinasi bagi para guru sangat penting untuk segera dilakukan.

Dia menyebut, total ada 1.526 tenaga pendidik di Blora yang akan divaksin.

"Ini ada sebagian yang sudah divaksin, tahap pertama ada 526 guru dan tahap kedua ini sekitar 1.000 guru," terangnya.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli, Disdik Serang: Kalau Orangtua Tak Mau, Enggak Boleh Dipaksa

Selain itu, pada proses PTM nantinya akan dilakukan protokol kesehatan yang ketat.

Mulai dari jumlah siswa maksimal 50 persen, jadwal masuk dan pulang sekolah, jumlah jam pelajaran hingga sarana dan prasarana penunjang lainnya.

"Kamis besok kami mengundang para guru. Jadi izin orangtua sudah siap, kesiapan sarana prasarana daftar cek list dan melaksanakan SOP sudah ada. Jadi kita hanya memulai lagi untuk penegasan-penegasan agar pelaksanaan tatap muka terbatas dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.

Penulis: Kontributor Blora, Aria Rusta Yuli Pradana
Editor : Dony Aprian