Kompas.com
Minggu, 7 Juli 2024

Rayakan Perbedaan

TAG

Kadinkes Tangerang: Tak Ada Efek Samping Berat Usai Vaksinasi Covid-19, Hanya Ruam

Jumat, 29 Januari 2021 | 21:57 WIB
Petugas kesehatan menerima suntikan vaksin corona buatan Sinovac di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (14/1/2021). Vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan izin penggunaan darurat ini, vaksin CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd.China dan PT Bio Farma (Persero) dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas kesehatan menerima suntikan vaksin corona buatan Sinovac di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (14/1/2021). Vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan izin penggunaan darurat ini, vaksin CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd.China dan PT Bio Farma (Persero) dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia.

Tangerang, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan, belum ada satu pun tenaga kesehatan yang mengalami efek samping hingga empat hari setelah disuntik vaksin CoronaVac buatan Sinovac Biotech di Kota Tangerang, Banten.

"Paling hanya ruam atau sedikit benjol di suntikannya. Itu saja, enggak ada (efek samping) yang berat," tutur Liza, Jumat (29/1/2021).

Kendati demikian, Dinkes Kota Tangerang telah mendirikan Kelompok Kerja Kejadian Ikutan Pasca-imunisasi (Pokja KIPI) untuk mengantisipasi adanya tenaga kesehatan yang mengalami efek samping usai divaksinasi.

Baca juga: 300-an Nakes di Kota Tangerang Tak Bisa Divaksinasi Covid-19, Ini Alasannya

Pokja KIPI didirikan di setiap puskesmas dan rumah sakit di wilayah Kota Tangerang.

"Sampai sekarang, Pokja KIPI juga belum melaporkan adanya nakes yang mengalami sakit apa pun," papar dia.

Liza mengungkapkan, ada 3.800 tenaga kesehatan dari 10.100 tenaga kesehatan yang sudah disuntik vaksin Covid-19 hingga saat ini.

Ada 300 tenaga kesehatan yang tidak bisa disuntik vaksin karena beberapa alasan.

"Yang tidak bisa divaksin hampir 3 persennya. Mereka penyintas Covid-19, ibu hamil atau menyusui, punya penyakit komorbid," ucap Liza.

Baca juga: Kalah Saing hingga Omzet Merosot, Puluhan Pengusaha Warteg di Tangerang Gulung Tikar

Liza berharap, tenaga kesehatan lainnya akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 pekan ini.

Lalu, Dinkes Kota Tangerang akan mendata tenaga kesehatan lain yang belum terdata di data awal pekan depan.

"Kami akan lakukan penyisiran ke nakes lain. Mungkin ada nakes yang belum dapat informasi. Nakes kan enggak cuma dokter, ada perawat atau bidan, dan lainnya," tutur Liza.

Penulis: Muhammad Naufal
Editor : Nursita Sari