Kompas.com
Kamis, 4 Juli 2024

Rayakan Perbedaan

TAG

Dokter Budi Meninggal karena Covid-19, Dikenal Gigih Cari Plasma Darah untuk Bantu Kesembuhan Pasien

Minggu, 10 Januari 2021 | 20:35 WIB
Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi virus corona atau COVID-19 di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). Mural tersebut ditujukan sebagai bentuk dukungan kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pras Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi virus corona atau COVID-19 di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). Mural tersebut ditujukan sebagai bentuk dukungan kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia.

REMBANG, KOMPAS.com - Budi Darmawan, seorang dokter di RSUD dr R Soetrasno Rembang, Jawa Tengah, meninggal terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Seksi Informasi RSUD dr R Soetrasno Rembang, Tabah Tohamik membenarkan Kepala Seksi Pelayanan RSUD dr R Soetrasno Rembang itu wafat.

Baca juga: Sebelum Terbang, Ihsan 2 Kali Telepon Keluarga Memberi Tahu Pesawat Sriwijaya Air Delay

"Beliau meninggal Kamis ini berstatus positif Covid-19," kata Tabah saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Minggu (10/1/2021).

Menurut Tabah, selama ini almarhum dikenal berdedikasi tinggi dalam menangani kasus positif Covid-19.

Bahkan, dr Budi tak segan ke luar kota mencari donor plasma darah untuk membantu pemulihan pasien positif Covid-19.

"Beliau salah satu garda terdepan penanganan Covid-19. Tak kenal lelah dan gigih mencari plasma darah hingga Semarang dan Sidoarjo. Sangat peduli dengan pasien Covid-19 dan selalu memotivasi pasien dan rekan-rekannya. Kami sangat kehilangan beliau," ungkap Tabah. 

Menurut Tabah, dr Budi sempat dirawat di RSUD dr R Soetrasno Rembang selama 18 hari. Dokter itu dinyatakan positif Covid-19 pada 21 Desember 2020.

Sebagai wujud penghormatan terakhir, tenaga medis di RSUD dr R Soetrasno Rembang menggelar upacara pelepasan jenazah dr Budi sebelum dimakamkan di pemakaman umum Desa Turusgede, Kecamatan Kota Rembang.

Baca juga: Sebelum Berangkat Kerja, Captain Afwan Pamit lalu Minta Maaf kepada Istri dan Anaknya

Berdasarkan data dari Pemkab Rembang, sebanyak 2.430 kasus positif Covid-19 tercatat hingga Sabtu (9/1/2021).

Rinciannya, 220 pasien meninggal, 1.841 orang sembuh, dan sisanya dirawat di rumah sakit serta isolasi mandiri.

Penulis: Kontributor Grobogan, Puthut Dwi Putranto Nugroho
Editor : Dheri Agriesta