Kompas.com
Kamis, 4 Juli 2024

Rayakan Perbedaan

TAG

460 Siswa Secapa AD Negatif Covid-19 Jalani Donasi Plasma Darah

Kamis, 16 Juli 2020 | 16:17 WIB
Kasad TNI, Jenderal Andika Perkasa memberikan keterangan dalam jumpa pers di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh Kota Bandung, Sabtu (11/07).Yuli Saputra Kasad TNI, Jenderal Andika Perkasa memberikan keterangan dalam jumpa pers di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh Kota Bandung, Sabtu (11/07).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 460 siswa Secapa AD yang telah dinyatakan negatif Covid-19 menjalani program donasi plasma darah.

"Sudah mulai jalani pemeriksaan awal program donor plasma darah untuk terapi plasma convalesence," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Nefra Firdaus dalam keterangan tertulis, Kamis (16/7/2020).

Dari total 460 siswa itu, sebanyak 359 berasal dari Secapa AD, Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: 160 Pasien Positif Covid-19 Klaster Secapa AD Telah Jalani Uji Klinis

Adapun 101 siswa lainnya berasal dari klaster Pusdikpom, Cimahi.

Mereka dinyatakan negatif Covid-19 usai pemeriksaan laboratorium polymerase chain reaction (PCR) dalam dua kali tes menunjukkan hasil negatif.

TNI AD sendiri saat ini tengah mengadakan laboratorium pemeriksa PCR di 68 Rumah Sakit TNI AD se-Indonesia.

Baca juga: UPDATE 16 Juli: 359 Pasien Covid-19 di Klaster Secapa AD Dinyatakan Negatif, 948 Masih PositifPada Kamis ini, mulai dioperasikan laboratorium pemeriksa PCR kedua setelah RSPAD Gatot Soebroto, yakni di Rumah Sakit TNI AD Sariningsih, Bandung.

Pengaktifan laboratorium di rumah sakit itu adalah salah satu bentuk dari percepatan pemeriksaan spesimen hasil swab di Kota dan Kabupaten Bandung dan sekitarnya.

Penulis: Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Fabian Januarius Kuwado