Kompas.com
Minggu, 7 Juli 2024

Rayakan Perbedaan

TAG

PMI Kota Tangerang Bersiap Kumpulkan Plasma Darah Pasien Sembuh Covid-19

Kamis, 14 Mei 2020 | 07:40 WIB
Ilustrasi virus coronaShutterstock Ilustrasi virus corona

Tangerang, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang siap mengumpulkan plasma darah pasien sembuh Covid-19 di wilayah Kota Benteng.

Manajer Mutu PMI Kota Tangerang Udin Machfudin menjelaskan, rencana pengumpulan plasma darah tersebut diharapkan bisa menjadi alternatif pengobatan Covid-19.

"Secara prinsip kami siap mengumpulkan itu (plasma darah)," ujar Udin dalam keterangan tertulis, Kamis (14/5/2020).

Baca juga: 2 Pasien Covid-19 Jalani Terapi Plasma di RSPAD, Kondisinya Membaik

Udin menjelaskan, dua metode transfusi plasma darah akan diterapkan menggunakan mesin otomatis dan manual.

PMI Kota Tangerang, lanjut Udin, sudah menyiapkan mesin otomatis sebanyak tiga unit untuk mempersiapkan pengumpulan plasma darah.

Selain itu, PMI Kota Tangerang juga menyiapkan beberapa persyaratan khusus bagi donor program plasma darah. Salah satunya adalah melewati masa inkubasi selama 14 hari setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Selain itu donor maupun penerima harus memiliki golongan darah yang sama. Jadi memang tidak bisa sembarang," kata Udin.

Baca juga: Jokowi: Terapi Plasma Darah Akan Diuji Coba Skala Besar

PMI Kota Tangerang, lanjut Udin, mulai melakukan pendataan pasien yang telah sembuh melalui jaringan rumah sakit di Kota Tangerang.

Udin mengatakan, persiapan-persiapan tersebut dilakukan agar jika diminta mengumpulkan plasma darah PMI Kota Tangerang bisa langsung bekerja.

“Saat ini kita untuk koordinasi dengan Dinas Kesehatan. Belum ada instruksi, hanya kita sudah mencari data yang positif dan sembuh," tutup Udin.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Singgih Wiryono
Editor : Irfan Maullana