SMA 6 Mengaku Sudah Bayar Honor 168 Penari Ratoh Jaroe Asian Games

By Nibras Nada Nailufar - Selasa, 25 September 2018 | 12:54 WIB
Penari saat pentas di pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2018).
Penari saat pentas di pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2018). (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

JAKARTA, KOMPAS.com - Humas SMAN 6 Jakarta Husni mengatakan sudah membayarkan honor para siswi penari ratoh jaroe yang tampil di upacara pembukaan Asian Games 2018.

"Kami sudah selesai, semua sesuai dengan aturan yang disepakati," kata Husni ditemui di SMAN 6 Jakarta, Kebayoran Baru, Selasa (25/9/2018).

Ketika ditanya apakah penyelesaiannya itu dengan memberikan honor kepada para penari, Husni menjawab, "dikasih, diselesaikan," ujar dia.

Husni menyebut ada 168 siswi kelas XI dan XII yang tampil dalam upacara pembukaan Asian Games. Total honor yang diberikan Inasgoc kepada SMAN 6 sebesar Rp 520 juta.

Baca juga: Inasgoc Sebut Sudah Bayarkan Honor Penari Ratoh Jaroe ke Rekening Sekolah

Ketika ditanya lebih lanjut soal kabar SMAN 6 akan menggunakan sisa dana untuk kebutuhan sekolah, Husni enggan menjawabnya dan meminta agar menanyakan langsung ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

"Mohon maaf, kami sudah closing hal itu sehingga kami udah enggak bisa terpancing dengan hal-hal itu," kata Husni.

Sebelumnya ramai dikabarkan para penari ratoh jaroe tak kunjung menerima honor atas penampilannya di Asian Games.

Baca juga: Begini Pengalaman Penari Ratoh Jaroe Ganti Baju 6 Kali dalam Pembukaan Asian Games

 

Panitia pelaksana (panpel) Asian Games 2018 (Inasgoc) menyebutkan bahwa mereka sudah menyelesaikan pembayaran biaya operasional untuk 2.000 penari pada upacara pembukaan. Pembayaran dilakukan dalam tiga tahap.

Pernyataan ini tertera dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (18/9/2018). Panpel menjelaskan bahwa Jumlah uang operasional yang diberikan adalah Rp 200.000 per penari setiap kali latihan.

Baca juga: SMA 78 Mengaku Sudah Terima Kompensasi untuk Siswa Siswi yang Berpartisipasi di Asian Games 2018

Editor : Ana Shofiana Syatiri
Artikel Terkait


Close Ads X