Saat Gantikan Beto, Hanif Sjahbandi Awalnya Tak Pikirkan Mencetak Gol

By Jalu Wisnu Wirajati - Selasa, 21 Agustus 2018 | 09:55 WIB
Stefano Lilipaly dan Hanif Sjahbandi merayakan gol Timnas U-23 Indonesia ke gawang Hong Kong pada pertandingan Asian Games 2018 di Stadion Patriot, 20 Agustus 2018.
Stefano Lilipaly dan Hanif Sjahbandi merayakan gol Timnas U-23 Indonesia ke gawang Hong Kong pada pertandingan Asian Games 2018 di Stadion Patriot, 20 Agustus 2018. (TABLOID BOLA/HERKA YANIS PANGARIBOWO)

BEKASI, KOMPAS.com - Hanif Sjahbandi menjadi penegas langkah Timnas U-23 Indonesia saat menang atas Hong Kong pada laga terakhir fase Grup A Asian Games 2018, Senin (20/8/2018).

Timnas U-23 Indonesia menang 3-1 pada laga tersebut dan memastikan lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup. Tiga gol kemenangan timnas dicetak oleh Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, dan Hanif Sjahbandi.

Gol Hanif tercipta pada pengujung laga ketika baru beberapa menit menggantikan Beto Goncalves. Siapa sangka, Hanif ternyata tak berpikir bakal mencetak gol ketika masuk ke lapangan.

"Tadi saya menggantikan Beto. Saya berpikir, mungkin masuk untuk menambah (kekuatan) pertahanan," ujar Hanif yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Fase Grup Cabang Sepak Bola Putra Asian Games 2018

"Lalu, karena kebetulan saya sebagai tenaga baru, jadi bisa membantu lini serang. Ya, alhamdulillah (bisa mencetak gol)," tutur pemain Arema FC itu.

Hanif mengaku senang bisa membantu tim meraih kemenangan. Dia pun mendedikasikan gol tersebut kepada semua pendukung Timnas Indonesia.

"Gol ini untuk teman-teman semua juga orang-orang yang sudah berjuang dan mendukung kami," kata Hanif.

Gelandang Timnas U-23 Indonesia, Hanif Sjahbandi, melakukan pemanasan di laga uji coba melawan Timnas U-23 Thailand di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis (31/5/2018).
Gelandang Timnas U-23 Indonesia, Hanif Sjahbandi, melakukan pemanasan di laga uji coba melawan Timnas U-23 Thailand di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis (31/5/2018). (BOLASPORT.com/ANDREW SIHOMBING)

Dia pun berharap tim berjulukan Garuda Muda bisa melangkah jauh di Asian Games 2018. Hanif Sjahbandi optimistis pasukan Luis Milla bisa mengalahkan Uni Emirat Arab di babak 16 besar.

"Banyak negara-negara bagus di babak 16 besar, tetapi kami tetap semangat," ucap Hanif yang tak terlalu memedulikan rekor minor timnas saat menghadapi wakil asal Timur Tengah.

"Pasti ada persiapan khusus dari pelatih dan kami siap melaksanakannya dengan baik. Tidak ada yang tidak mungkin," tuturnya menegaskan.

Baca juga: JEO - Serba-serbi Asian Games 2018 yang Perlu Kita Tahu

Dari catatan BolaSport.com, timnas Indonesia asuhan Luis Milla sudah tiga kali menghadapi tim Timur Tengah. Mereka berhadapan dua kali dengan Suriah dan sekali dengan Timnas U-23 Palestina.

Suriah mampu mengalahkan timnas U-23 Indonesia dan timnas seniorsecara berturut-turut dengan skor 3-2 dan 1-0 pada November 2017. Adapun Palestina menjadi lawan Garuda Muda pada fase grup Asian Games 2018.

Uni Emirat Arab akan menjadi lawan Timnas U-23 Indonesia selanjutnya. Laga 16 besar Asian Games 2018 itu akan digelar pada Jumat (24/8/2018).

Abdurrahman Naufal Babak Fase Gugur Sepak Bola Putra Asian Games 2018

Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Artikel Terkait


Perolehan Medali

Negara Emas Perak Perunggu Total
Lihat Selengkapnya
Close Ads X