PDI-P Bangga Budaya Indonesia Penuhi Pembukaan Asian Games 2018

By Devina Halim - Minggu, 19 Agustus 2018 | 19:25 WIB
Penari saat pentas di pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2018).
Penari saat pentas di pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2018). (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya sangat bangga melihat parade berbagai kebudayaan Indonesia saat pembukaan Asian Games 2018 kemarin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

"Semua sangat membanggakan, dan berakar kuat pada kebudayaan Indonesia. Suara kebangkitan kebudayaan Indonesia bergema di seluruh Asia," ujar Hasto dalam siaran persnya, Minggu (19/8/2018).

Menurut Hasto, pertunjukan yang disajikan dalam pembukaan ajang olahraga terbesar se-Asia tersebut sukses menunjukkan identitas Indonesia yang kaya tradisi budaya.

Hal tersebut sesuai dengan salah satu poin dalam Trisakti yang dicetuskan Presiden pertama RI Soekarno, yang berbunyi berkepribadian dalam budaya.

"Terbukti kebudayaan Indonesia begitu berwarna, penuh pesona dan mengekspresikan nilai-nilai kemanusiaan yang begitu kental. Trisakti Bung Karno begitu membumi," tutur Hasto.

Baca juga: Sekjen PDI-P Nilai Pembukaan Asian Games Wujudkan Semangat Bung Karno

Oleh sebab itu, Hasto menyampaikan apresiasinya kepada para pengisi acara yang telah berhasil menghidupkan kembali semangat Bung Karno tersebut.

Pujian tersebut juga ditujukannya terhadap penampilan Presiden Joko Widodo saat opening ceremony tersebut.

Pada video intro pembukaan Asian Games 2018, tampak Presiden Jokowi menggunakan motor gede (moge) untuk menuju GBK.

"Terlebih dengan kejutan tampilan Pak Jokowi yang elegan, menghentak, dan penuh ruang kreativitas yang membuat Indonesia bangga punya sosok presiden visioner, milenial dan penuh gagasan kreatif tersebut," kata dia.

Kompas TV Kemeriahan terlihat pada acara yang hanya diikuti atlet dan official peserta Asian Games yang bertanding di Palembang.



Editor : Bayu Galih
Artikel Terkait


Close Ads X