Jajal Motor Prototipe Kymco Mo One di PEVS 2023

News 18/05/2023, 09:12 WIB
Jajal Motor Prototipe Kymco Mo One di PEVS 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Kymco ikut memeriahkan pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 dengan memperkenalkan empat motor listrik sekaligus dari keluarga skutik listrik iONEX.

Satu yang menarik ialah Kymco Mo One yang berstatus sebagai motor prototipe. Kebetulan oleh pihak Kymco, Kompas.com dibolehkan menjajal sebentar Mo One di area indoor JIExpo, Kemayoran.

Baca juga: Seres Jadi Bukti Keseriusan Sokonindo Jual BEV di Indonesia

Kompas.com dibolehkan menjajal sebentar Kymco Mo One di area indoor JIExpo, Kemayoran.(Foto: Arif Syahbani )

Kesempatan yang tidak boleh dilewatkan meski sebetulnya hanya jajal sebentar saja. Sebab Kymco tidak menyediakan Mo One di area test ride, dan sebetulnya status motor ini baru perkenalan belum dijual.

Soal desain, Mo One tampil futuristik. Dimensinya bisa dibilang cukup kecil dan punya gowesan ala sepeda. Sehingga dapat diseimpulkan bahwa Mo One masuk kategori sepeda listrik.

Pertama kali duduk di bangku single seater memang terasa kecil. Tapi yang menarik perhatian ialah layar instrumen klaster yang bentuknya ala smartphone dengan posisi vertikal. Bentuk yang bisa dikatakan sangan modern.

Baca juga: Subsidi Kendaraan Listrik Dievaluasi, Mau Dibikin Lebih Simpel

Kymco Mo One berstatus sebagai motor prototipe.(KOMPAS.com/Gilang)

Fiturnya cukup banyak dan mencakup informasi yang dibutuhkan pengendara. Kekurangannya karena masih prototipe pilihan bahasa cuma satu yaitu bahasa China yang orang awam pasti bingung.

Mo One memiliki dimesi panjang 1.695 mm, lebar 723 mm, tinggi 1.052 mm, dengan wheelbase 1.220 mm. Ban depan ukuran 3.50 dengan sistem pengereman menggunakan rem cakram.

Spesifikasi lainnya Mo One dibekali motor listrik 400 Watt dari baterai Li-NMC 50,82V/34,3Ah 1.743 Watt. Kecepatannya antara 25 – 50 kpj dengan kemampuan jarak tempuh 90 Km.

Baca juga: Simulasi Bakar Rangka dan Baterai Motor Listrik di PEVS 2023

Kompas.com dibolehkan menjajal sebentar Kymco Mo One di area indoor JIExpo, Kemayoran.(Foto: Arif Syahbani)

Saat Kompas.com coba tenaganya halus karena motornya listriknya cuma 400 watt atau setengah dari Viar Q1 dengan daya 800 watt. Karena itu melihat kecepatan dan spek dinamo Mo One masuk dalam kategori sepeda listrik.

Spesifikasi baterai belum diungkap, namun Kymco mengklaim model baterai yang digunakan berkualitas tinggi. Spek baterai iONEX yaitu jenis baterai sel sama dengan baterai yang digunakan mobil Tesla.

Baterainya punya insulasi yang baik, kemudian anti korosi, dan anti-oksidasi. Pengetesannya dilakukan pakai listrik tegangan, uji resistensi, anti guncang, getaran, hingga suhu ekstrem di area panas mapun lembab.

Tag

Artikel Terkait

Lihat Semua
Close Ads