Impresi Awal Menyetir Generasi Baru Daihatsu Ayla

News 14/03/2023, 10:42 WIB
Impresi Awal Menyetir Generasi Baru Daihatsu Ayla

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Daihatsu Ayla terbaru dengan ubahan menyeluruh. Mobil ini terasa meningkat di beberapa sisi dibandingkan model sebelumnya.

Bertempat di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, redaksi Kompas.com berkesempatan menjajal impresi berkendara Ayla terbaru.

Meskipun area pengetesan cukup terbatas, tapi kami sudah bisa mendapatkan gambaran singkat mengenai mobil ini.

Baca juga: WNA Kerap Melanggar Lalin, Gubernur Bali Larang Sewa Motor

Dasbor Daihatsu Ayla R ADS CVT(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)

Harus diakui bahwa fitur-fitur Ayla terbaru lebih minim dibandingkan generasi sebelumnya. Namun, hal tersebut dibayar dengan hal yang lebih mendasar.

Pertama, sasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dengan ukuran bodi yang lebih besar dan wheelbase lebih panjang, turut berdampak pada kelegaan kabin yang lebih baik.

Kemudian, sasis baru ini juga memberikan handling mobil yang semakin baik. Meskipun bantingan terasa lebih kaku, tapi hal itu memberikan efek positif pada pengendalian yang semakin lincah.

Baca juga: Wuling Air ev Terjebak Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?

Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)

Untuk pemakaian dalam kota, rasanya Ayla terbaru akan semakin memudahkan penggunanya, karena setir yang ringan dan radius putar hanya 4,4 meter.

Beranjak ke sektor dapur pacu, Ayla yang kami coba mengusung mesin WA-VE DOHC Dual VVT-I 1.200 cc bertenaga 88 PS atau setara 86 Tk dan torsi 113 Nm, yang disalurkan melalui transmisi CVT.

Tenaganya terasa cukup buat pemakaian dalam kota. Ketika kondisi diam dan kecepatan rendah, getaran mesin khas 3-silinder juga minim.

Baca juga: Mitsubishi Optimistis SUV Anyar Pesaing HR-V dan Creta Laris di Sumatera

Test drive Daihatsu Ayla R ADS CVT(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)

Tapi ketika mobil dipacu cepat, baru terasa kalau mobil ini pakai 3-silinder. Indikasinya terasa dari getaran mesin.

Kemudian terdengar dari suara knalpot yang lebih nyaring, serta respons tenaga yang terasa menonjol di putaran bawah.

Rasanya semakin penasaran dengan performa Ayla terbaru ketika dipakai sehari-hari. Dengan kombinasi mesin dan transmisi baru, teorinya mobil ini bisa memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik dari sebelumnya. 

Tag

Artikel Terkait

Lihat Semua
Close Ads