Spesifikasi Lengkap All New Agya GR Sport

News 13/03/2023, 16:41 WIB
Spesifikasi Lengkap All New Agya GR Sport

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM) resmi membuka harga All New Agya dan Agya GR Sport di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023.

Agya standar yang masuk dalam mobil LCGC dibanderol mulai dari Rp 167 - Rp 191 jutaan. Sementara Agya GR Sport yang dibanderol mulai dari Rp 240 juta - Rp 256 jutaan on the road (OTR) DKI Jakarta.

Baca juga: Penjualan Mobil Februari 2023 Naik 7,3 Persen

Sebelumnya Kompas.com sudah mengulas spesifikasi All New Agya maka kali ini akan mengulas mengenai Agya GR Sport. Mobil yang kini masuk dalam segmen city car bersaing dengan Hond Brio. 

All New Toyota Agya GR Sport(KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda)

Eksterior

Mengulas eksterior, tampilan Agya GR Sport mirip seperti saudaranya. Fasia depan tampil agresif berkat desain bumper yang tajam dan volume yang padat serta lebar sehingga menciptakan postur tubuh yang kuat.

Kesan agresif diperkuat oleh desain LED headlamp yang tajam dan vertical LED illumination lamp. All-front LED Lamp memperkuat kesan dinamis dan modern sekaligus canggih dengan adanya fitur Follow Me Home dan Auto Cut Off.

Baca juga: Perbedaan Desain All New Agya dan Agya GR Sport

Bedanya Agya GR Sport dilengkapi dengan aero kit yang meningkatkan aerodinamika. Toyota menyebut tampilan ini tak hanya sekadar riasan namun nambah down force dan membuatnya bermanuver dengan stabil dan lincah.

Interior

Panel instrumen dan door trim mengadopsi tekstur tiga dimensi untuk memberikan nuansa canggih. Konsol tengah dan tuas transmisi dipindahkan lebih tinggi untuk menjaga ergonomi pengemudi berdasarkan human-centered design.

All New Toyota Agya GR Sport(KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda)

Beberapa sentuhan signature GR Sport, seperti dark silver ornament color pada kisi AC, GR Sport logo dan red stitch pada bangku depan dan bagian bawah kemudi sudah berbahan kulit sintetis, floor mat, serta leather shift knob.

Baca juga: Mobil Hybrid Tak Jadi Dapat Insentif, Ini Kata Toyota

Agya GR SPort juga dilengkapi dengan fitur dan teknologi terbaru Toyota. Audio dengan head unit 7 inci lengkap dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB.

Platform Baru

Agya dan Agya GR Sport memanfaatkan platform baru menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Dimensi lebih besar dengan panjang wheelbase 2.525 mm (+70 mm), panjang total 3.760 mm, dan tinggi 1.505 mm (-15 mm) dari yang lama.

Hasilnya diklaim mobil 15 persen lebih stabil, body roll angle lebih baik 30 persen, respon setir meningkat hingga 50 persen, dan mereduksi streering angle hingga 45 persen.

All New Toyota Agya GR Sport(KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda)

Platfrom baru memberikan ruang untuk penggunaan mesin baru. Agya dan Agya GR Sport mengadopsi mesin baru 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi 113 Nm.

Pengembangan ini membuat putaran mesin rendah lebih baik dan memberikan power agility yang lebih baik. Namun sekaligus tetap irit dengan konsumsi bensin rata-rata lebih dari 21 Km per liter.

Hatchback entry level Toyota ini juga mengadopsi transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linear.

Selain itu transmisi CVT juga dibekali dengan teknologi Active D Control yang bekerja lebih hening pada kondisi normal dan menjaga efisiensi bahan bakar, namun tetap mampu memberikan akselerasi secara instan.

All New Toyota Agya GR Sport(KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda)

Pengendalian

Bagian kaki-kaki semakin stabil dan memikat dengan pemasangan pelek GR-S 15-inci (Agya standar 14 inci) Machinery Alloy Wheel.

Untuk pengendalian lebih baik Toyota menggunakan shock absorber serta coil spring yang lebih rigid, yang diperkuat oleh penggunaan sport tires untuk steering yang lebih responsif.

Agya GR Sport juga didukung dengan tuning pada bagian power steering dengan power motor yang lebih tinggi serta steering gear dengan gear ratio yang lebih rendah.

Tag

Artikel Terkait

Lihat Semua
Close Ads