Modifikasi Audio Khusus Toyota Hadir di GIIAS 2022, Mulai Rp 5 Jutaan

Penulis : Donny Dwisatryo Priyantoro
14/08/2022, 17:21 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 tak hanya jadi momen untuk meluncurkan kendaraan baru. Tapi, ajang ini juga jadi tempat untuk berburu komponen pendukung modifikasi.

Salah satu produk aftermarket yang menawarkan modifikasi audio adalah Dominations Car Audio.

Merek audio mobil karya anak bangsa ini baru saja memperkenalkan salah satu produk inovatif terbarunya, yaitu dedicated plug and play car audio.

Baca juga: Iming-iming Suku Cadang Suzuki di GIIAS 2022

Paket audio tersebut dibuat khusus untuk Toyota yang diberi nama Dominations Boost. Melihat tingginya penjualan mobil Toyota, Dominations membuat jajaran speaker yang khusus untuk digunakan pada mobil Toyota tersebut.

“Kalau Anda sebagai pemilik Toyota, khususnya Innova dan Fortuner, maka upgrade Dominations Boost adalah opsi yang cepat, murah, mengutamakan kualitas dan kejernihan suara," ujar Wahyu Tanuwidjaja, Founder dan Product Engineer Dominations, dalam keterangan resminya.

Wahyu menambahkan, dirinya telah menyiapkan opsi istimewa. Sebab, dia sendiri yang akan melakukan tuning khusus untuk paket Dominations Boost dengan DSP.

Jacki Suwandi, dari Pengepul Mobil, turut hadir dalam peluncuran Domination Boost. Dia sendiri sudah membuktikan langsung perubahan suara yang dihasilkan dari sistem audio tersebut.

Baca juga: Tawaran Kemudahan Kredit Mobil Baru di GIIAS 2022

"Awalnya, saya modifikasi mobil itu tidak mementingkan audio. Biasanya, saya bawa mobil itu kencang. Sekarang, saya mau nikmati musik, sayang waktunya cepat kali lewat," kata Jacki.

Dominations Boost tidak dijual sebagai kesatuan sistem, tetapi terdiri “a la carte”, yakni speaker depan MB 165 TOY (Midbass 6.5”), tweeter TW 25 U (Tweeter 1”), dan speaker belakang CX 165 TOY (Coaxial 6.5”).

Meskipun secara tampilan disesuaikan layaknya tampilan OEM, tapi teknologi dan kualitas material bahan terbaik agar menghasilkan suara yang jauh lebih enak didengar.

Beberapa mobil yang bisa digunakan untuk produk ini adalah mobil yang menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Meningkatkan kualitas audio menggunakan Dominations Boost dapat disesuaikan dengan kebutuhan customer, apakah audio sistemnya menggunakan head unit standar atau OEM bawaan, atau Digital Signal Processor (DSP).

"Namun, yang membedakan adalah adanya penambahan pasif. Untuk menghasilkan suara optimum 2way front dengan head unit standar maka membutuhkan pasif. Ada dua jenis pasif pada Dominations Boost, yaitu pasif tweeter XTW 25 U dan XREQ," kata Wahyu.

Kedua komponen tersebut dikembangkan sendiri oleh Wahyu, khusus untuk Innova dan Fortuner.

Berbeda dengan pasif XTW 25 U, pasif REQ adalah pasif equalizer. Alat ini disarankan digunakan untuk sistem audio mobil dengan head unit original tanpa menambahkan DSP, sehingga dapat menghasilkan suara midbass lebih clear.

Soal harga paket untuk Dominations Boost yang terdiri dari speaker depan, tweeter dan speaker belakang, dibanderol Rp 5.050.000.

Sedangkan untuk paket Dominations Boost yang terdiri dari, DSP, Bangbass, bracket, LED Controller, Bluetooth dan PNP Cable, dipasarkan dengan harga Rp 13.556.000, di luar ongkos pemasangan.

Donny Dwisatryo Priyantoro
Azwar Ferdian

 

KOMENTAR
REKOMENDASI UNTUK ANDA