Prediksi Motor Baru yang Meluncur di GIIAS 2022

Penulis : Dio Dananjaya
05/08/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bukan cuma mengandalkan peluncuran mobil baru, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung pada 11-21 Agustus mendatang, juga menjadi ajang bagi peluncuran berbagai motor baru.

Pameran otomotif besutan asosiasi mobil di Indoesia itu, menjadwalkan ada beberapa merek motor yang melakukan aktivitas peluncuran motor baru, pada 12 Agustus 2022, di ICE, BSD, Banten.

Merek-merek yang berpartisipasi antara lain MForce, Selis, Pacific Bike, Benelli, Gelis, Segway, serta Minerva.

Baca juga: BBM Nonsubsidi Makin Mahal, Ubah Gaya Berkendara Mobil Matik biar Irit

Adapun tiga merek sepeda motor listrik yang sudah dikonfirmasi akan meluncurkan motor baru. Di antaranya adalah motor listrik Alva, Minerva Electron, dan Segway.

Ilectra Motor Group (IMG) diketahui akan memperkenalkan brand motor listrik Alva dan produk pertamanya di GIIAS 2022 pada hari Kamis, 2 Agustus 2022.

Belum ada bocoran informasi mengenai nama atau tipe motor listrik tersebut. Namun, kabarnya Alva akan meluncurkan skutik bongsor bertenaga listrik.

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Siap Meluncur, Tanpa Varian Diesel

Kemudian, Minerva Electron tampaknya akan membawa skuter listrik yang bermain di segmen entry level.

Produk ini tidak hanya menyasar konsumen retail, tapi juga untuk penjualan fleet yang dipakai sebagai armada logistik.

Sementara itu, Hascar Automotive Group melalui Segway Motors Indonesia akan meluncurkan 4 motor listrik di GIIAS 2022.

Baca juga: Kalau Data STNK Dihapus, Apakah Kendaraan Masih Bisa Registrasi Ulang?

Mulai dari tipe N90C (kecepatan 52 kpj, jarak tempuh 76-94 km), N100 (60 kpj, 70-110 km), E110L (62 kpj, 70-110 km), dan E200P (100 kpj, 200 km).

Motor listrik Segway bisa dicas di rumah dengan charging time 5-6 jam. Skuter ini juga memiliki ukuran bagasi yang super luas, yaitu 22 liter dan 27 liter. Opsi pemakaian fast charging bisa dilakukan dengan charging time 2 jam.

Di luar kedua merek itu, merek-merek seperti MForce, Gelis, dan Selis juga kemungkinan besar akan memperkenalkan motor-motor elektrifikasi mereka.

Baca juga: Ini yang Menyebabkan Honda Civic Wonder Banyak Dicari

Seperti diketahui, GIIAS 2022 akan menjadi panggung produk baru, di antaranya untuk level regional Asia, Asia Tenggara, dan Global. Tidak hanya produk internal combustion engine, tetapi juga model elektrifikasi.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, mengatakan, era elektrifikasi untuk kendaraan bermotor pribadi baiknya dimulai dari roda dua.

"Kalau mau memulai era kendaraan listrik, memang dari situ (sepeda motor)," ujar Kukuh kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022)

"Roda empat (listrik) itu terlalu mahal, jadi orang berpindah ke sana gambling. Yah, konsumennya belum terlalu confident sehingga menurut kami lebih tepat roda dua dahulu untuk didorong," kata dia.

Dio Dananjaya
Agung Kurniawan

 

KOMENTAR
REKOMENDASI UNTUK ANDA