GIIAS Makassar 2019: Toyota dan Suzuki Absen, Eclipse Cross Unjuk Gigi

Penulis : Ruly Kurniawan
11/09/2019, 14:37 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Makassar 2019 resmi dibuka. Bertempatkan di Celebes Convention Center (CCC) Makassar, pameran bakal berlangsung selama 5 hari dimulai sejak 11-15 September 2019.

Pameran diikuti oleh tujuh merek kendaraan penumpang yakni Daihatsu, DFSK, Honda, Mazda, Mitsubishi Motors, Renault, dan Wuling. Serta, Mitsubishi Fuso dan Benelli, Honda, dan Mforce untuk kategori sepeda motor, diikuti industri pendukung lainnya.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menyebut bahwa Provinsi Sulawesi Selatan terus mengukuhkan kontribusi yang signifikan terhadap industri otomotif nasional.

Baca juga: Tanpa Insentif 50 Unit Mitsubishi Outlander PHEV Terjual

"Sehingga kami ingin penyelenggaraan GIIAS di Makassar menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan industri otomotif. Tapi, kami tidak menargetkan transaksi, tujuan utamanya adalah memberi informasi mengenai tren baru di dunia otomotif," ujar Kukuh di Makassar, Selasa (10/9/2019).

Sayangnya, ada beberapa produsen otomotif yang tidak hadir dalam pameran ini. Beberapa di antaranya Toyota, DFSK, Kia, Hyundai, Suzuki, sampai BMW.

Dalam artian, Prius PHEV, Supra, dan Jimny terbaru sebagai salah satu maskot di GIIAS 2019 sebelumnya absen dari panggung pameran. Sebagai informasi, ini bukan kali pertama Toyota tidak menghadiri GIIAS di Makassar.

"Hal ini karena di Sulawesi Selatan, terutama Makassar, lebih membutuhkan kendaraan yang tangguh supaya dapat melalui jalanan yang sulit seperti perkebunan. Selain itu, tak dapat dimungkiri keterbatasan tempat juga jadi kendala kami dan penyelenggara," ujar Kukuh.

Kendati demikian, masih banyak kendaraan yang bisa dinikmati di GIIAS Makassar 2019 seperti Mitsubishi New Triton dan Eclipse Cross. Bahkan, Sport Utility Vehicle (SUV) bergaya crossover baru tersebut bisa dicoba langsung.

PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga membawa Pajero Sport edisi terbatas di pameran ini.

Baca juga: Mungkinkah Mitsubishi Hadirkan Mobil Listrik yang Murah?

"Kami membawa komitmen dalam memberikan kendaraan terbaik dan inovatif untuk para konsumen di Makassar. Hal ini direalisasikan dengan menghadirkan produk-produk terbaru kami," kata Imam Choeru Cahya, Executive General Manager of Sales & Marketing Division MMKSI.

Dirinya juga memaparkan selama ini (Januari-Juni 2019) Mitsubishi Pajero Sport mampu menjadi market leader di segmen SUV dengan pangsa pasar 51 persen di Sulawesi Selatan.

Sedangkan Mitsubishi Triton dan Xpander, juga mampu menyerap pangsa pasar sebesar 46 persen dan 21 persen di masing-masing segmennya.

Ruly Kurniawan
Azwar Ferdian

 

KOMENTAR
REKOMENDASI UNTUK ANDA