Pajero Sport Lebih Laku ketimbang Fortuner

Selasa, 23 Agustus 2016 | 16:23 WIB
Stanly/Otomania Modifikasi SQ Pajero Sport

Jakarta, KompasOtomotif — Persaingan antara All New Pajero Sport dan All New Fortuner berlanjut di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Keduanya dipajang sebagai salah satu ikon untuk menjaring konsumen lebih banyak. Hasilnya, selama 10 hari pameran, jagoan Mitsubishi lebih menyedot perhatian ketimbang milik Toyota.

Data penjualan yang dilansir setelah pameran menunjukkan bahwa Pajero Sport sudah dipesan 1.392 unit. Sementara itu, Fortuner terbaru dipesan 771 unit. Perbedaan ini terasa cukup jauh, bahkan selisih dari keduanya hampir separuh.

Gaikindo

Jika ditengok dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama empat bulan terakhir, Fortuner selalu mengungguli Pajero Sport. Misalnya Juli lalu, Fortuner terjual 2.193 unit, sementara Pajero Sport terpaku 1.111 unit.

Secara total, sepanjang tujuh bulan pertama tahun ini, Fortuner masih di atas Pajero Sport. Total penjualan andalan Toyota itu sudah 16.034 unit. Sementara itu, jagoan Mitsubishi tersebut berada di level 11.419 unit.

Memang, penjualan di pameran bukan menjadi tolok ukur. Total pemesanan selama Agustus tahun ini akan ditotal dari hasil penjaringan pada pameran GIIAS dan surat pemesanan kendaraan (SPK) dari tiap-tiap diler yang tersebar di Indonesia.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan