Terios Ikut Pakai Mesin Dual VVT-i

Rabu, 26 Agustus 2015 | 17:29 WIB
ADM New Daihatsu Terios saat digeber di Bali dalam media test drive, 16-18 April 2015.

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ikut mengembuskan kabar, model terbaru kembaran Rush, Terios, akan menggunakan mesin berteknologi bukaan katup elektronik dual VVT-i. Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Terios masih bertahan dengan mesin 1.5L 3SZ-VE yang juga digunakan pada model lama Avanza.

“Ini untuk menghemat biaya pengembangan produk Daihatsu dan Toyota. Kemungkinan ada produk yang menggunakan mesin yang sama. Sampai saat ini kita baru saja melakukan minor change buat Terios, mungkin produk selanjutnya (menggunakan mesin dual VVT-i),” ungkap Satriyo Budiutomo, Development Project Team Departement Head ADM, di Gaikindo Indonesia International Auto Show, Rabu (26/8/2015).

Terios dan Rush baru saja mengalami revisi desain. Peluncuran versi “New” keduanya sudah dilakukan pada Maret lalu. Perubahannya ringan hanya meliputi estetika, sementara bagian mesin tetap sama.

Satriyo mengungkap saudara kembar Avanza, Xenia, adalah model pertama Daihatsu di global dengan mesin dual VVT-i pada 1.3L 1NR-VE. Di masa yang akan datang, teknologi dual VVT-i juga akan digunakan pada model lain dengan mesin berkapasitas di atas 1.200 cc.

Sebelumnya, Toyota Astra Motor (TAM) juga mengungkap hal serupa. Dadi Hendriadi, GM Technical Service TAM, mengatakan, kemungkinan besar saudara kembar Terios, Toyota Rush, bakal mengusung mesin dual VVT-i. “Menunggu momen saja karena sebetulnya mesinnya sama seperti Avanza,” kata Dadi.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian