All-New Hilux Bisa Senyaman Sedan, Ini Rahasianya

Senin, 24 Agustus 2015 | 09:01 WIB
Donny Apriliananda/KompasOtomotif Kabin depan All-New Toyota Hilux


Tangerang Selatan, KompasOtomotif — PT Toyota Astra Motor (TAM) sangat percaya diri dengan All-New Hilux. Pikap yang lahir dari basis proyek IMV Toyota itu mengusung banyak perubahan yang membuatnya semakin nyaman, bahkan diklaim mendekati kenyamanan dan kekedapan mobil sedan.

Apa rahasianya? Iwan Abdurahman, Technical Service Division TAM, di sela tes menjelaskan bahwa banyak sekali perbedaan antara Hilux lama dan baru. Beberapa perubahan membuat model ini semakin nyaman, beberapa di antaranya menambah kekedapan di dalam kabin.

”Kenyamanan dan suasana di dalam kabin sudah jauh berubah. Inilah permintaan konsumen dan perwujudan yang dilakukan para desainer. Soal kekedapan, angkanya naik belasan persen, sekitar 15 persen tepatnya,” ujar Iwan dalam sesi khusus.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif All-New Toyota Hilux

Berikut berbagai poin pembeda yang membuat Hilux semakin nyaman:

1. Sasis berubah, dengan ketinggian atau ketebalan lebih banyak 20 mm. Ini memengaruhi kestabilan saat melahap medan berat atau off-road.

2. Stroke suspension atau jarak main sokbreker lebih panjang, dari 43 cm menjadi 52 cm, membuat mobil semakin gampang melahap rintangan dengan lembut.

3. Di sisi peredaman area mesin, terdapat felt (lapisan khusus) pada kap, dan dinding yang berbatasan dengan kabin. Di sela-sela kap dan bodi juga diberi peredam.

”Ternyata suara mesin dari luar juga memengaruhi tingkat berisik di dalam. Itulah kenapa di antara kap dan bodi juga diberi lapisan khusus,” ujar Iwan.

4. Di bagian saluran isap, antara lubang pada kap diberi peredam. Menurut Iwan, suara lubang isap biasanya cukup kencang. Ada sebagian orang yang suka, tetapi sebagian orang tak mau terlalu terdengar.

5. Karet-karet di pintu lebih tebal. Lalu, rongga bodi diberi spons untuk meredam. Lantai diberi lapisan tambahan.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian