Pelan-pelan, Pertalite Gerogoti Premium

Jumat, 21 Agustus 2015 | 08:01 WIB
Stanly/Otomania Pertalite sudah dikonsumsi 1 juta kiloliter lebih.


Tangerang Selatan, KompasOtomotif — Sejak diluncurkan akhir Juli 2015, bensin baru jenis Pertalite semakin diminati pengguna kendaraan bermotor. Data terakhir, bahan bakar dengan oktan 90 itu sedikit demi sedikit menggerogoti pangsa pasar Premium.

Inilah fakta yang diungkap Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), dalam konferensi pers di booth Pertamina dalam pameran otomotif nasional di ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (20/8/2015).

Kata Wianda, pertumbuhan penggunaan Pertalite dinilai sangat bagus. Ketika mulai dipasarkan di daerah baru, sambutan yang diberikan masyarakat sangat positif. Sedikit demi sedikit porsi penjualan Premium diambil Pertalite.

"Sebelum ada Pertalite, konsumsi Premium mencapai 79 persen dari bahan bakar yang dijual Pertamina. Setelah ada Pertalite, Premium menciut jadi 68 persen, dan kami prediksi akan terus berkurang," ujar Wianda.

Data lain, hingga saat ini konsumsi Pertalite secara nasional sudah mencapai sekitar 1 juta liter setiap harinya dari 286 SPBU yang menjual Pertalite. Rata-rata setiap SPBU mencapai 3.280 liter per hari.

"Permintaannya cukup tinggi. Bahkan di SPBU yang letaknya di tengah kota, konsumsi Pertalite per hari mencapai 8.000 hingga 10.000 liter setiap harinya," ucap Wianda.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian