Mobil Malaysia Jajal Pasar Indonesia

Kamis, 20 Agustus 2015 | 20:40 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif PT. Weststar Maxus Indonesia (WMI), meluncurkan model pertamanya, van atau MPV Maxus V80, Kamis (20/8/2015).

Jakarta, KompasOtomotif – Perhelatan otomotif akbar yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang Selatan, menjadi tempat buat Agen Tunggal Pemegang Merek baru, PT Weststar Maxus Indonesia (WMI), menunjukan eksistensinya. Di lokasi yang sama, perusahaan anggota dari Weststar Group asal Malaysia ini meluncurkan model pertamanya, van atau MPV Maxus V80, Kamis (20/8/2015).

Robby Atmadjaya, Direktur WMI menjelaskan, V80 dijual untuk konsumen pribadi, namun karena platform-nya bisa digunakan untuk berbagai model bodi, fokus penjualan juga tertuju buat segmen mobil komersial. V80 bisa dimodifikasi dengan karoseri, di antaranya berupa ambulans, mobile banking, dan mobile box office.

Di Indonesia, Maxus V80 ditawarkan dalam tiga model yang meliputi mobil penumpang, long-wheelbase panel van, dan short-wheelbase panel van. V80 dijual di kisaran harga Rp 450 – 500 juta, sementara ini stok unit Indonesia diimpor dari Malaysia.

Penjualan V80 disebut cukup sukses di Malaysia, sebab itu WMI mencoba pemasarannya di Indonesia. WMI telah resmi menjadi ATPM pada Januari 2015, kemudian pemasaran V80 sudah dimulai sejak April 2015.

"Kami telah mempelajari pasar Indonesia dan mulai dari tahun ini, berdasarkan studi kami, sekarang adalah saat yang tepat dengan melihat pasar Indonesia yang sudah matang untuk mengenalkan kendaraan komersial kami yang populer, yaitu Weststar Maxus V80,” ujar Managing Director The Weststar Group Tan Sri Syed Azman.

V80 memiliki daya angkut hingga 3.5 ton. Performanya berasal dari mesin 2.5 liter Turbodiesel yang mampu menghasilkan tenaga hingga 136 tk.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian