Hanya Ada 2 Produsen Mobnas di IIMS 2015?

Kamis, 13 Agustus 2015 | 15:45 WIB
KompasOtomotif-Donny Mobil nasional Indonesia Komodo


Jakarta, KompasOtomotif
– Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 akan berlangsung 19-30 Agustus mendatang di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini produsen mobil nasional (mobnas) ambil bagian dan mendapatkan tempat yang layak.

Pihak penyelenggara IIMS 2015, Dyandra Promosindo telah menyiapkan tempat khusus untuk para produsen otomotif nasional yang ingin memamerkan produknya. Bahkan, kesertaan mobil nasional ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Dewa Yuniardi, Marketing PT Fin Komodo Teknologi (FKT) sekaligus mewakili Asosiasi Industri Otomotif Nasional menjelaskan, Dyandra akan memberikan tempat yang diberi nama Paviliun Indonesia. Produsen mobnas dan produk otomotif buatan Indonesia bisa unjuk tempat tersebut.

Dewa melanjutkan, dari Asosiasi Industri Otomotif Nasional, produsen mobnas yang ikut pameran IIMS 2015 hanya ada dua, yakni PT Fin Komodo Teknologi (FKT) dan PT Super Gasindo Jaya (AG Tawon).

“Sebenarnya yang termasuk dalam asosiasi industri otomotif nasional yang sudah produksi dan masuk pasar baru dua merek itu, yang lainnya masih prototpe dan belum siap produksi,” ungkap Dewa saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (13/8/2015).

Fin Komodo itu sendiri, lanjut Dewa akan memamerkan dua model dengan tipe KD250 AT. Ada model yang standar dan medivac (ambulance untuk masuk ke pedesaan). Sebenarnya tipenya sama, hanya fungsinya saja yang berbeda.

“Kedua model itu kita jual juga. Harga untuk KD250 AT tipe standar Rp 88 juta dan tipe ful aksesori Rp 125 juta dan medevac Rp 130 juta. Semua harga franci Cimahi, Bandung (belum termasuk ongkos kirim),” ujarnya.

Donny Apriliananda Tawon, salah satu mobil nasional yang saat ini masih diproduksi.

Sementara PT Super Gasindo Jaya (AG Tawon) juga akan memamerkan dua model, pertama pikap dan kedua mobil kota (city car). Berbeda dengan Fin Komodo, Tawon hanya memamerkan produknya saja.

“Kita hanya memamerkan saja. Tapi kalau mau beli kita terima dan inden sampai dua bulanan,” ungkap Enung, Petugas administrasi PT Super Gasindo Jaya saat dikonfirmasi KompasOtomotif.

Penulis : Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian